Jenis & Pengobatan Glaukoma

Jenis & Pengobatan Glaukoma

Jenis & Pengobatan Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang ditandai oleh kerusakan saraf mata yang dikaitkan dengan peningkatan tekanan bola mata dan gangguan lapang penglihatan. Kerusakan ini bersifat permanen, dan dapat berakhir pada kebutaan.

Glaukoma merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di seluruh dunia, khususnya di Asia. Glaukoma dapat merusak penglihatan dengan perlahan sehingga seringkali penderita tidak menyadari kerusakan tersebut. Sampai akhirnya kerusakan yang terjadi sudah pada tahap lanjut. Hal itu tentu sangat meresahkan.

Maka kami menyarankan untuk dilakukan check-up rutin pada mata anda sejak usia muda. Skrining glaukoma terutama sangat penting pada pasien dengan riwayat keluarga memiliki glaukoma, berusia diatas 40 tahun ataupun mengidap penyakit diabetes melitus. Jenis & Pengobatan Glaukoma

Tipe glaukoma yang umum terjadi adalah Glaukoma Primer Sudut Terbuka (Primary Open-Angle Glaukoma) dan Glaukoma Primer Sudut Tertutup (Primary Angle Closure Glaukoma) dimana keduanya memiliki mekanisme yang berbeda.

Sebenarnya glaukoma memiliki dua jenis yang paling umum terjadi yakni :

1) Glaukoma sudut tertutup

Pada kasus glaukoma sudut tertutup lebih banyak ditemukan di negara-negara asia, yang mana pada kondisi ini tekanan yang terjadi di dalam mata disebabkan oleh drainase yang buruk akibat kanal pembuangan terblokir oleh sempitnya sudur antara kornea dan iris.

2) Glaukoma sudut terbuka

Untuk kasus yang ini, struktur mata tampak normal namun ada masalah di dalam saluran mata yang di sebut trabecular meshwork, yang mana masalah ini menyebabkan cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik.

Selain itu, adapun jenis lain dari glaukoma yakni glaukoma sekunder yang disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan tengah mata (uveitis) atau cedera pada mata serta glaukoma kongenital yang disebabkan oleh kelainan pada mata (kondisi bawah), yang mana umumnya kondisi ini paling rentan dialami oleh anak-anak.

SIMAK JUGA : Super Lutein – Perbaikan Sakit Mata Glaukoma

Hal utama yang menyebabkan terjadinya glaukoma yakni akibat meningkatkan tekanan di dalam mata (tekanan intraokular), baik itu akibat produksi cairan mata yang berlebihan maupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut.

Tekanan tersebut bisa merusak serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga.Sampai saat ini, belum jelas pasti mengapa produksi cairan mata bisa berlebihan atau kenapa saluran pembuangannya bisa tersumbat.
Gejala Penyakit Mata Glaukoma Yang Paling Umum Terjadi

Mengetahui beberapa gejala yang sering muncul pada penyakit mata glaukoma merupakan langkah awal yang paling tepat, guna untuk mencegah timbulnya penyakit mata glaukoma yang semakin parah.Dan berikut ini ada beberapa gejala penyakit mata glaukoma yang paling umum terjadi diantaranya :

  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah
  • Nyeri pada mata
  • Mata berkabut (khususnya pada bayi)
  • Melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak bisa melihat obyek sama sekali
  • Mata memerah

 

Pengobatan Penyakit Mata Glaukoma

Maka untuk itu bagi anda yang menderita penyakit mata glaukoma sebaiknya harus mendapatkan penanganan yang cepat. Karena jika diabaikan maka penyakit ini akan terus berkembang dan penderitanya bisa mengalami kebutaan permanen. Jenis & Pengobatan Glaukoma

Meskipun kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma memang tidak bisa diobati secara total. Namun tujuan pengobatan ini adalah untuk mengurangi tekanan intrakolar pada mata dan mencegah meluaasnya kerusakan pada mata.

Glaukoma bisa ditangani denga obat tetes mata, obat-obatan yang diminum, pengobatan laser atau prosedur operasi. Selain itu juga, glaukoma bisa diatasi dengan obat herbal Super Lutein yang diformulasikan khusus untuk menuntaskan berbagai macam penyakit mata glaukoma. Jenis & Pengobatan Glaukoma

Post Update :
Date : Tuesday, October 27, 2020 - Selasa, 27 Oktober 2020