Sudah Olahraga Tetapi Berat Badan Tidak Turun Juga?

Sudah Olahraga Tetapi Berat Badan Tidak Turun Juga? Anda Mungkin Melakukan Kesalahan Ini!

1. Tidak Cukup Berusaha

Jika Anda tidak pernah berolahraga sebelumnya dan secara keseluruhan tidak aktif, maka berolahraga dapat benar-benar membuat suatu perbedaan. Akan tetapi, jika Anda telah sering berolahraga, maka tubuh Anda akan menjadi terbiasa sehingga olahraga yang Anda lakukan tampaknya tidak membantu proses penurunan berat badan Anda. Hal ini bukan berarti Anda harus berhenti melakukan olahraga yang telah Anda lakukan saat ini, Anda hanya harus berusaha lebih lagi.

Lakukanlah olahraga lainnya yang berbeda dari rutinitas olahraga Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan intensitas atau lama olahraga sehingga tubuh Anda pun harus berusaha kembali dan membakar lebih banyak kalori.

2. Tidak Teratur Berolahraga

Tidak berolahraga secara teratur dapat membuat usaha Anda menjadi sia-sia karena tubuh Anda tidak cukup tertantang untuk berusaha lebih keras dan membakar lebih banyak kalori. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga karena berbagai kesibukan Anda, Anda dapat menyisihkan setidaknya 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Berjalan kaki pun dapat menjadi salah satu pilihan olahraga bila Anda tidak dapat pergi ke gym atau melakukan olahraga lainnya karena terlalu sibuk.

 

3. Terlalu Banyak Melakukan Aerobik

Terlalu banyak melakukan olahraga aerobik justru dapat membuat usaha Anda untuk menurunkan berat badan menjadi sia-sia. Bila Anda terlalu lama berolahraga aerobik, maka tubuh Anda akan melepaskan hormon stress yaitu kortisol.

Hal ini dapat membuat tubuh Anda merasa stress. Rasa stress ini biasanya dapat dikurangi dengan mengkonsumsi karbohidrat. Hal ini dapat membuat Anda mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan meningkatkan berat badan. Selain itu, hormon stress juga cenderung meningkatkan penyimpanan lemak, terutama di daerah perut.

Tidak hanya olahraga dengan intensitas sedang yang dilakukan dalam waktu lama yang dapat membantu membakar kelebihan kalori Anda. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahragadengan intensitas tinggi dalam waktu singkat juga dapat meningkatkan laju metabolisme.

 

http://www.annisa-collection.com/category/ethica-fashion/

Sponsor By ANNISA COLLECTION

 

4. Makan Makanan Tinggi Kalori Setelah Berolahraga

Hal yang satu ini merupakah kesalahan yang paling sering terjadi pada orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan dengan berolahraga yaitu mengkonsumsi makanan tinggi kalori setelah berolahraga sebagai hadiah karena Anda telah berolahraga hari ini.

Anda memang memerlukan karbohidrat setelah berolahraga untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon stress, terutama bila sebagian besar olahraga Anda terdiri dari aerobik. Akan tetapi mengkonsumsi terlalu banyak gula dan makanan tinggi kalori justru dapat membuat berat badan Anda meningkat.

 

5. Tidak Berdiet

Walaupun Anda telah berolahraga, Anda juga tetap harus membatasi apa yang Anda makan dan berapa jumlahnya. Berolahraga tidak dapat membantu Anda menurunkan berat badan bila Anda tidak berdiet juga. Apa yang Anda kapan dan kapan Anda makan turut berperan penting dalam proses penurunan berat badan Anda.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kombinasikan olahraga Anda dengan diet sehat dan seimbang yang memang dikhususkan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan diet merupakan faktor penting dalam proses penurunan berat badan. Bagaimana diet Anda tentunya tergantung pada seberapa banyak berat badan yang ingin Anda kurangi. Akan tetapi, pastikan

Anda juga tidak mengkonsumsi terlalu sedikit kalori jika Anda juga berolahraga karena hal ini dapat mengganggu keadaan kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

6. Berat Badan Tidak Berkurang Tetapi Ukuran Baju Berubah

Anda mungkin merasa bingung mengapa berat badan Anda tidak turun tetapi pakaian Anda terasa lebih longgar. Hal ini dikarenakan otot lebih berat daripada lemak. Jadi Anda mungkin tidak mengalami penurunan berat badan akan tetapi pakaian Anda terasa lebih nyaman dipakai. Hal ini terjadi karena massa otot Anda bertambah dan massa lemak Anda berkurang.

 

7. Baru Mulai Berolahraga

Sebelum mulai mempertanyakan mengapa dengan berolahraga berat badan Anda tidak juga turun, Anda harus mengingat terlebih dahulu berapa lama Anda telah mulai berolahraga secara teratur. Jangan mengharapkan berat badan Anda akan langsung turun setelah berolahraga selama 1-2 minggu.

Diperlukan waktu sekitar 2-4 minggu di mana olahraga mulai menunjukkan hasilnya. Selain itu, terdapat berbagai hal lainnya yang dapat mempengaruhi proses penurunan berat badan Anda seperti apakah Anda menderita obesitas dan apakah Anda telah terbiasa berolahraga sebelumnya.

Bersabarlah dan Anda pun akan melihat hasil kerja keras Anda.

 

8. Menderita Gangguan Kesehatan Tertentu

Jika Anda telah melakukan semuanya dengan benar (diet dan olahraga teratur), tetapi berat badan Anda tidak juga turun, dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

Terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi berat badan Anda seperti gangguan kelenjar tiroid dan gangguan keseimbangan hormonal (menopause). Selain itu, kesulitan penurunan berat badan ini juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin tertentu, dehidrasi yang membuat tubuh menahan lebih banyak cairan, atau berbagai gangguan lainnya. (SUMBER :  dokter.id)

Post Update :
Date : Thursday, October 29, 2020 - Kamis, 29 Oktober 2020