Waspadai Penyakit Mioma

Waspadai Penyakit Mioma . Penyakit Miom Adalah salah satu penyakit mengerikan bagi kaum wanita, banyak dampak yang di timbulkan oleh penyakit tersebut, tidak hanya itu terkandang penyembuhan akan penyakit tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar.
 
Penyakit miom pada dasarnya sejenis tumor jinak yang tidak terlalu berbahaya, tumor tersebut tumbuh di sekitar rahim atau pada dinding rahim,menurut pada ahli tumor tersebut berasal dari jaringan ikat pada rahim atau otot halus yang muncul akibat pengaruh aktivitas hormon.
 
Bila penyakit miom dibiarkan begitu saja, kemungkinan besar dapat menyebabkan gangguan kehamilan seperti kesulitan sperma untuk masuk membuahi telur, jika terjadi pembuahan maka kemungkinan besar terjadi gangguan pertumbuhan bayi seperti letak yang salah dan perkembangan bayi yang tidak sempurna. Selain itu, penyakit miom juga bisa menyebabkan bayi untuk sulit dilahirkan ketika saatnya lahir. Penyakit miom umum terjadi pada wanita diatas umur 30 tahun dan menimbulkan efek ganguan pada rahim yang serius. Oleh sebab itu, penyakit miom harus segera disembuhkan agar reproduksi kembali sehat dan pasien juga kembali merasa nyaman terbebas dari gangguan sakit yang berlebih.
 
Adapun penyebab dari penyakit miom tersebut salah satunya ialah faktor genetik atau keturunan, dan untuk penyebab lainnya bisa di akibatkan oleh faktor hormon, obesitas atau kegemukan, terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak, Tidak hanya itu wanita yang dalam keadaan hamil adanya infeksi dan jamur dapat menyebabkan miom timbul kembali.
 
Mengenai gejala yang biasa di timbulkan penyakit mioma biasanya bisa di kenali dengan ciri ciri sebagai berikut :
  • Perdarahan yang banyak dan lama selama masa haid atau pun di luar masa haid.
  • Rasa nyeri karena tekanan tumor dan terputarnya tangkal tumor, serta adanya infeksi di dalam rahim.
  • Penekanan pada organ di sekitar tumor seperti kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya, menimbulkan gangguan buang air besar dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena pembengkakan tangkai tumor.
  • Gangguan sulit hamil karena terjadi penekanan pada saluran indung telur.
  • Pada bagian bawah perut dekat rahim terasa kenyal.
 
Penyakit mioma pada rahim merupakan jenis penyakit yang sudah sering kita dengar dan kita jumpai pada wanita yang masih aktif secara hormonal,dan biasanya akan berhenti dengan sendirinya ketika memasuki masa menopause.
Asal awalnya penyakit mioma uteri datang dari otot polos rahim. sebagian teori mengatakan perkembangan tumor ini dikarenakan rangsangan hormon estrogen. pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibanding jaringan otot kandungan ( miometrium ) sekitarnya hingga mioma uteri ini kerapkali tumbuh lebih cepat pada kehamilan ( membesar pada umur reproduksi ) serta umumnya menyusut ukurannya setelah menopause ( mengecil pada pascamenopause ).
Kerapkali tumor jinak rahim ke arah rongga ini membesar serta bertumbuh keluar dari mulut rahim. tumor yang ada didalam rahim bisa tumbuh kian lebih satu, teraba layaknya kenyal, memiliki bentuk bulat serta berbenjol-benjol sesuai dg ukuran tumor. beratnya beragam, dimulai dari sebagian gram saja, tetapi dapat juga meraih 5 kilogram atau lebih. ( sumber :wikipedia )
 
Beberapa jenis lokasinya mioma uteri dibagi jadi :
  • Perkembangan tetap didalam dinding rahim
  • perkembangan ke arah rongga rahim
  • perkembangan ke arah permukaan dinding rahim
 
Tanda-tanda penyakit mioma uteri
  • Nyeri di perut atau di pinggul.
  • Perut merasa penuh
  • Nyeri sanggama.
  • Tanda-tanda anemia dikarenakan banyak kehilangan darah haid.
  • tekanan pada panggul.
  • infertilitas atau keguguran.
  • constipation ( sembelit ).
  • perdarahan yang banyak serta lama sepanjang masa haid maupun di luar periode haid.
  • rasa nyeri dikarenakan tekanan tumor serta terputarnya tangkal tumor, dan ada infeksi didalam rahim.
  • penekanan pada organ di lebih kurang tumor layaknya kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul yang lain, menyebabkan masalah buang air besar serta buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena didalam panggul, masalah ginjal dikarenakan pembengkakan tangkai tumor.
  • masalah sukar hamil dikarenakan berlangsung penekanan pada saluran indung telur.
  • di bagian bawah perut dekat rahim merasa kenyal.
 

Factor pemicu tumbuhnya mioma uteri / kista

 Pemicu berlangsungnya miom tetap belum jelas diketahui, walau ada dugaan factor turunan memiliki fungsi pada penyakit ini. bilamana ada wanita lain didalam keluarga yang memiliki miom, barangkali anda juga bisa memiliki miom.
 
Perkembangan miom juga dikendalikan oleh factor hormonal, terlebih hormon estrogen. miom condong berkembang pada saat reproduksi, serta bisa jadi tambah besar dengan cepat sepanjang kehamilan, yang mana kandungan estrogennya amat tinggi. miom umumnya berkurang sesudah menopause saat kandungan estrogen alami penurunan. hormon lain contoh progesteron, juga bisa merubah perkembangan miom.
 
Faktor-faktor lain yang juga punya pengaruh yaitu tidak seimbangan emosi contoh kerap stres, daya tahan tubuh rendah, pola hidup yang tidak seimbang, seluruh itu mengakibatkan masalah pada hormon serta kemungkinan timbul miom. ukuran besar-kecilnya miom juga di pengaruhi oleh jumlah kalori pada tubuh dikarenakan timbunan kalori didalam tubuh merubah perkembangan miom. semakin gemuk seseorang, semakin banyak timbunan kalorinya, serta bikin miom tumbuh cepat.
 
Miom juga bisa berlangsung dikarenakan ada factor bakat, yang lantas dipicu oleh rangsangan-rangsangan hormon ( dikarenakan emosi tidak stabil ), makan sembarangan serta berat badan yang terlalu berlebih. rangsangan-rangsangan tersebut yang bikin perkembangan miom lebih cepat. tetapi perkembangan miom sangat sedikit membutuhkan waktu lebih kurang 8 th..
 
Infeksi serta jamur didalam rahim juga dapat jadi perangsang perkembangan miom atau sangat mungkin miom tumbuh kembali meskipun sudah diangkat. oleh dikarenakan itu kebersihan alat kelamin, berat badan tubuh, serta keseimbangan emosi mesti dijaga supaya miom tidak terangsang pertumbuhannya. Waspadai Penyakit Mioma
Post Update :
Date : Friday, November 15, 2019 - Jumat, 15 November 2019