Penyebab & Pengobatan Rabun Senja

Penyebab & Pengobatan Rabun Senja

Penyebab dan Pengobatan Rabun Senja

Rabun senja atau Nyctalopia adalah keadaan mata yang tidak mampu melihat dalam keadaan redup. Rabun senja kadang disebut rabun ayam karena keluhan sering dirasakan saat senja menjelang malam. Orang yang sedang melakukan pengobatan glaucoma juga bisa mengalami rabun senja karena efek samping dari obat-obatan glaucoma yang mengakibatkan pupil mengecil sehingga mata sulit menangkap sinar.

SIMAK JUGA : MIRTOPLUS – Obat Mata Nyctalopia Rabun Senja

Penyebab Utama

Ternyata kekurangan vitamin A merupakan penyebab terbanyak dari rabun senja. Vitamin A merupakan vitamin larut dalam air yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai kebutuhan. Vitamin ini akan membantu merubah sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Retinol merupakan senyawa yang berperan utama dalam hal tersebut . Senyawa retinol, bersama dengan rodopsin, akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan.

Penyebab lainnya :

  • Rabun jauh.
  • Karena mengalami katarak
  • Retinitis pigmentosa (gangguan degeneratif retina)
  • Malabsorpsi (kurangnya penyerapan vitamin A) ·Mengalami penyakit Diabetes
  • Adanya Degenerasi makula
  • Lahir dalam keadaan cacat

 

Pengobatan untuk Rabun Senja

Pengobatan untuk rabun senja tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin A, pengobatannya relatif mudah. Cukup dengan memastikan tubuh Anda mendapat vitamin A yang memadai setiap harinya. Pada umumnya asupan vitamin A yang diperlukan tubuh sekitar 5,000 International Unit (IU) per hari. Asupan vitamin A ini dapat diperoleh dari makanan seperti, susu, telur, hati, daging, ayam, sayuran hijau, wortel, ubi, bayam, brokoli, mangga, dan tomat. Apabila rabun senja Anda disebabkan oleh rabun jauh, maka pastikan kacamata yang Anda gunakan memiliki ukuran yang tepat dengan minus mata Anda. Sedangkan untuk megatasi rabun senja yang diakibatkan oleh efek samping obat-obatan glaucoma, ada baiknya Anda beraih obat agar efek samping ini dapat dihindari. Operasi pun dapat menjadi solusi bagi Anda yang menderita katarak dan rabun senja. (Sumber : optikmelawai.com)

Post Update :
Date : Sunday, October 20, 2019 - Minggu, 20 Oktober 2019