Khasiat Buah Semangka

Khasiat Buah Semangka

Semangka Berkhasiat Untuk  Impotensi & Gangguan Ginjal

Buah semangka yang nama latinnya  citrullus lanatus , memiliki Kandungan air  yang  cukup tinggi mencapai sekitar 92%. Bisa untuk melawan rasa haus dan mengatasi dehidrasi. Semangka mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menghilangkan kolik.
Dalam Semangka (100 gram) mengandung:
–  Protein 0,9 gram.
–  Karbohidrat 11,6 gram.
–  Vitamin A 876 IU.
–  Vitamin C 12,5 miligram.
–  Kalsium (Ca) 10,8 miligram.
–  Magnesium (Mg) 15,4 miligram.
–  Fosfor (P) 16,9 miligram.

 Khasiat Buah Semangka

Selain  dapat digunakan untuk menghaluskan kulit  dan menghilangkan flek hitam di wajah. Kulitnya mengandung klorofil, yang baik untuk kelenjar dan darah.
Bahkan ampuh untuk mengobati atau mengurangi berbagai penyakit, diantaranya:

Membangkitkan Libido Pria.

Likopen dalam semangka juga menyumbangkan kasiat khusus untuk pria menikah. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria.
Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping.

Jika anda sedang diet,

semangka bagus sekali karena buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.

Menurunkan kadar kolesterol, Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke .

Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air, magnesium  dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi dan menurunkan  tekanan darah
Selain  itu adanya karotenoid di dalamnya juga dapat mencegah pengerasan pada dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Semangka juga memperkuat  kerja jantung , mencegah dan menahan serangan jantung.

Lypocene dan karotenoid yang ditemukan berlimpah di dalam semangka, meningkatkan fungsi jantung.

Mencegah Penuaan dini .

Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat. Beta karoten, yang dikenal anti oksidan yang sangat baik juga membuat Anda tetap berjiwa muda dan mencegah penuaan dini. Likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.
Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat

Membersihkan Ginjal

Karena  mengandung  banyak sekali kalium , yang sangat membantu dalam pembersihan racun-racun di ginjal. Selain itu, buah ini juga sangat membantu dalam mengurangi konsentrasi jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Mengobati Diabetes  Tipe 2 .

Para penderita diabetes seharusnya melakukan diet rendah gula. Semangka dapat menjadi salah satu pengganti gula alternatif karena rasanya yang manis namun rendah kadar gulanya. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral di dalamnya membantu berfungsinya senyawa insulin dalam tubuh, sehingga mampun menurunkan  tingkat gula darah.
Kandungan arginin yang tinggi pada buah semangka dapat membantu mengobati diabetes  tipe 2 (karena gaya hidup). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes

Meningkatkan Kesehatan Mata ; Degenerasi Makula

Mengonsumsi  buah semangka  secara teratur dapat menjauhkan Anda dari rabun ayam. Hal ini dikarenakan buah semangka kaya akan vitamin A dan beta karoten yang memaksimalkan kesehatan mata
Adanya beta karoten, vitamin-C, Lutein dan Zeaxanthin dalam buah ini akan menjaga sebagai alat perlindungan mata dari degenerasi makula terkait usia (Age Related Macular degeneration atau ARMD), penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia lanjut. Senyawa-senyawa tersebut. Dan juga anti oksidan yang terkadung di dalamnya akan melindungi mata dari penyakit lainnya seperti pengeringan air mata dan saraf optik, glaukoma, dll.

Mencegah Kanker

Lypocene yang ditemukan sangat efektif dalam mencegah kanker karena mampu memperbaiki dan memperbaharui jaringan yang rusak.
Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi diibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Radikal bebas berlangsung tak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya  berbagai macam penyakit dan kulit tubuhpun menjadi kering, suram, dan kendur. Dengan likopen yang terdapat dalam semangka, radikal bebas bisa langsung lumpuh!
Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat.
(info kesehatan )
Semangka juga mengandung fitonutrien yang memiliki manfaat yang baik untuk menjaga fungsi kesehatan organ internal, mata, sistem sekresi, dll.

Infeksi kandung kemih dll

Di dalam bukunya At Thibbun Nabawy, Ibnul Qayyim menjelaskan khasiat semangka dengan panjang lebar. Beliau rahimahullah menyebutkan bahwa mengkonsumsi semangka dapat membersihkan tubuh dari toksin dan membantu mengeluarkan batu dari perut (yang dimaksud oleh beliau mungkin batu ginjal –ed). Semangka juga lebih mudah dicerna dibandingkan mentimun. semangka bisa menyembuhkan demam. Dan apabila ditambah jahe, semangka bisa digunakan untuk menghilangkan kedinginan. Untuk memperoleh efek penyehatan yang maksimal, semangka sebaiknya dimakan pada saat sedang musim berbuah dan sebelum makan. Semangka akan memberikan efek cleansing terhadap perut serta menghilangkan penyakit darinya.

Tips Mengkonsumsi Semangka

  • Setiap bagian semangka bisa dikonsumsi, bahkan biji (dijadikan kuaci) dan juga kulitnya
  •  Semangka tahan 7-10 hari dalam suhu kamar
  • Saat memotong semangka, tutup bagian terbukanya dengan plastic wrap dan   masukkan     ke   dalam kulkas
  •  Hindari semangka yang masih mentah karena akan berasa sedikit asam
  • Tapi ingat, ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah/kuningnya saja.
  • Semangka lokal berbiji, semangka tanpa biji, semangka kuning, semangka merah, semangka impor, semangka bulat, semangka lonjong, atau varietas yang manapun itu, semangka tetap buah unggul dan berkhasiat tinggi!

Semangka memang buah yang sangat menyegarkan dan kaya manfaat dan juga bagus untuk Obat Alternatif penyembuhan penyakit tertentu.

Post Update :
Date : Tuesday, March 19, 2019 - Selasa, 19 Maret 2019