Berikut Gejala Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Penyakit ini dapat terjadi pada manusia, mamalia darat dan laut, serta beberapa jenis burung.

Pada orang tanpa gangguan imun, toksoplasmosis hanya bergejala pada 10 – 20% penderita yang terinfeksi. Pada kelompok penderita ini, toksoplasmosis merupakan penyakit ringan dan dapat sembuh spontan. Gejala yang timbul antara lain:

  • pembesaran kelenjar getah bening di leher berukuran < 3 cm dan tidak nyeri;
  • demam, rasa tidak enak badan, keringat malam, dan pegal – pegal;
  • dapat disertai nyeri tenggorokan;
  • nyeri perut akibat pembesaran kelenjar getah bening di sekitar usus ;
  • bintik – bintik merah pada kulit.

Pada orang dengan gangguan imun (AIDS, kanker, orang dengan konsumsi obat penekan sistem imun), gejala dapat berupa:

  • kejang, gangguan keseimbangan, kelumpuhan sebelah anggota gerak, gangguan saraf, gangguan kesadaran, nyeri kepala (toksoplasmosis otak);
  • gangguan penglihatan berupa pandangan buram, nyeri mata, silau, mata merah, gelap pada sebagian lapang pandang (retinochoroiditis);
  • batuk, sesak, nyeri dada, demam (penumonitis toksoplasma);
  • pembesaran kelenjar getah bening.

Pada bayi dengan toksoplasmosis turunan, gejala berupa kepala yang besar (hidrosefalus) atau sangat kecil (mikrosefalus), pengkapuran pada otak, dan gangguan penglihatan.

 

PENYEBAB

Toxoplasma gondii mempunyai inang mutlak, yaitu kucing. Kucing dapat terinfeksi oleh T. gondii akibat memakan daging mentah yang terkontaminasi, burung liar, atau tikus. T. gondii kemudian berkembang biak dalam usus kucing dan ikut keluar bersama feses kucing. Feses yang mengandung parasit ini dapat mencemari tanah dan air. Manusia dapat terinfeksi saat berkontak dengan tanah atau feses kucing tersebut atau melalui konsumsi air / makanan yang terkontaminasi. Ibu hamil yang menderita toksoplasmosis dapat menularkan penyakit ini pada janin yang dikandungnya.

 

PENGOBATAN

Pada penderita tanpa gangguan imun, pengobatan cukup secara rawat jalan, sedangkan pada penderita gangguan imun mungkin perlu dirawat inap untuk beberapa hari. Obat anti-parasit pilihan adalah obat tablet kombinasi pyrimethamine dan sulfadiazine (atau clindamycin) selama 6 minggu, ditambah dengan asam folat.

Pengobatan toksoplasmosis pada ibu hamil adalah spiramisin selama 3 minggu diikuti dengan pyrimetamine – sulfadiazine selama 3 minggu; atau dengan pyrimetamine dan sulfadiazine sampai waktu melahirkan.

Post Update :
Date : Tuesday, September 25, 2018 - Selasa, 25 September 2018