Penyakit Vertigo dan Penyebabnya

Pengertian vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh.

Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Vertigo merupakan perasaan halusinasi seolah-olah lingkungan atau diri sendiri bergerak atau yang lebih sering lagi berputar, keadaan ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan.

Sebenarnya, vertigo bukanlah bagian dari suatu penyakit, melainkan hanya sebagai gejala dari suatu penyakit yang sedang diderita. Banyak faktor penyebab timbulnya vertigo. Kebanyakan orang mengalami vertigo saat kondisi psikologi sedang terguncang suatu masalah yang menimbulkan stress, depresi dan migrain.

Vertigo dapat terjadi karena penyebab otologik, neurologik,, psikologik atau iatrogenik. Penyakit Meniere menyebabkan vertigo paroksismal hebat sebagai akibat dari lesi pada labirin. Vertigo terjadi mendadak dan dapat berlangsung selama beberapa jam. sering disertai mual, muntah, nyeri kepala, telingan berdenging dan pendengaran yang berkurang.

Vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atua bagian vestibular) atau mungkin di otak. Bentuk paling sering dari vertigo adalah Beningn Paroxymal Positional Vertigo (BPPV) yakni adanya khayalan seperti bumi bergerak dan berputar-putar akibat dari gerakan kepala yang secara mendadak.

Banyaknya pendapat tentang vertigo, disimpulkan sebagai gangguan kepala akibat ketidakseimbangan pendengaran bagian dalam dan gerakan berputar-putar secara mendadak (pusing) pada kepala sementara orang tersebut sebenarnya sedang diam, vertigo terjadi dilatar belakangi oleh berbagai faktor seperti faktor psikologis (kejiwaan), dan akibat riwayat adanya suatu penyakit atau gangguan pada kepala dan otak.

Vertigo terjadi begitu cepat dan lambat dalam penyembuhan atau untuk kembali sadar. Oleh karenanya, gangguan vertigo tidak dapat dibiarkan begitu lama karena akan mengakibatkan gangguan pada fungsi otak dan organ tubuh lainnya.

Hilangnya keseimbangan akibat vertigo juga perlu diwaspadai, seperti hilangnya keseimbangan pada pendengaran dan telinga selalu berdenging.

Post Update :
Date : Sunday, July 22, 2018 - Minggu, 22 Juli 2018