Penyakit Gangguan Ginjal

Penyakit Gangguan Ginjal

Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi:

  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur. Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Penyakit ginjal seringkali tidak memberi gejala sampai seseorang terserang penyakit seperti saat ginjal gagal atau bila ada sejumlah batu ginjal. Hal inilah yang menyebabkan orang yang terkena sakit ginjal baru menyadarinya setelah terserang penyakit tersebut.

 

Namun ternyata, ada beberapa cara mendeteksi gejala awal penyakit ginjal. Cari tahu apakah Anda mengalami salah satunya, agar dapat mencegah gejala tersebut menjadi penyakit.

1. Gangguan kencing

Sering buang air kecil, urine berbusa atau busuk, dan jumlah urine yang lebih tinggi atau lebih sedikit dari biasanya bisa menjadi pertanda awal gejala penyakit ginjal.

Selain itu, darah dalam urine, peningkatan infeksi urine dan sensasi terbakar saat buang air kecil juga bisa menjadi gejala sakit ginjal. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan.

2. Bengkak pada area tubuh

Bengkak yang terjadi pada beberapa area tubuh seperti wajah, kaki, tangan, dan pergelangan kaki bisa terjadi akibat ketidakmampuan ginjal mengeluarkan cairan dari tubuh. Hal ini adalah salah satu gejala penyakit ginjal.

3. Anemia dan kelelahan

Penurunan fungsi ginjal bisa menyebabkan produksi hormon EPO lebih rendah. Hormon ini bertindak sebagai pemicu untuk memproduksi lebih banyak oksigen. Kadar oksigen yang rendah dapat menyebabkan kelelahan. Inilah salah satu gejala utama penyakit ginjal.

4. Sakit punggung

Terkadang penyakit ginjal polikistik memiliki gejala rasa sakit di punggung, tepatnya di area dekat ginjal. Penyakit ginjal polikistik merupakan penyakit yang terjadi saat kista berkembang dalam ginjal.

5. Mual

Mual juga bisa menjadi pertanda sakit ginjal. Jika Anda merasakan mual tanpa alasan, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter apakah hal ini memiliki kaitan dengan kondisi ginjal Anda.

 

 

 

Post Update :
Date : Friday, April 26, 2019 - Jumat, 26 April 2019