Ini Penyebab Mata Menjadi Kering

Mata menjadi kering tentu saja menjadi tidak nyaman.  Kondisi ini sering banget dialami karena aktivitas harian yang lekat dengan layar monitor baik komputer maupun gagdet dan tak bisa hindari karena tuntutan pekerjaan maupun hobi kita. Nah, selain gadget, apa saja sih aktivitas yang membuat mata kering dan bagaimana cara mengatasinya?

Ruangan ber-AC

Kamu yang bekerja di ruang ber-AC dalam waktu yang lama tentu sering mengalami rasa tak nyaman. Ketika AC menyala, ruangan akan kekurangan kelembapan. Bukan hanya bermasalah di kulit, kesehatan mata juga bisa terganggu.

Untuk mengatasi mata kering akibat terlalu lama berada di ruangan ber-AC, biasakan lebih banyak mengonsumsi cairan. Selain itu, usahakan untuk beristirahat atau menikmati udara luar beberapa jam sekali. Untuk menjaga kelembapan mata, gunakan cairan tetes mata seperti Tetes Mata Insto Dry Eyes yang mengandung bahan aktif dan efektif mengatasi mata kering. Di dalam botol bertutup biru ini juga terdapat bahan anti bakteri, untuk menekan risiko terjadinya iritasi mata.

 

http://www.annisa-collection.com/category/ethica-fashion/

Sponsor By ANNISA COLLECTION

Menggunakan gadget

Tak bisa dipungkiri, menggunakan gadget baik smartphone, tablet maupun komputer sudah jadi rutinitas, tapi tanpa kamu sadari mata dipaksa bekerja keras saat kamu terlalu asyik menatap layarnya. Nah, kondisi ini bisa mengakibatkan berbagai masalah pada mata, seperti mata lelah, merah, penglihatan buram, mata kering hingga iritasi ringan. Biar mata tak mudah kering dan lelah, pastikan kamu mengatur pencahayaan gadgetmu, jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup. Selain itu jaga jarak baca sekitar 50-60 cm dari mata.

Movie marathon

Poin ini juga jarang banget kamu sadari, apalagi ketika filmnya seru, tanpa kamu sadari mata jadi jarang berkedip dan terlalu fokus di depan layar monitor. Stop deh bikin mata kamu lelah hanya karena lagi asyik marathon nonton film favorit. Coba mulai memikirkan kesehatan mata, agar mata selalu sehat dan aktivitas nonton film favorit tetap jalan terus. Kamu bisa mengistirahatkan mata setiap 20 menit atau berkedip setiap jeda iklan di sela-sela film diputar.

Baca buku

Kamu hobi membaca buku? Membaca buku dalam waktu lama bisa membuat mata kering, lelah dan juga perih. Saat kamu membaca, jumlah kedipan mata akan berkurang hingga 1/3 dibandingkan saat aktivitas mata tidak membaca.

Jadi, saat membaca, jangan lupa sering berkedip agar mata terlapisi oleh kelenjar air mata dan mencegah terjadinya penguapan air mata yang menyebabkan mata kering, melakukan latihan 20/20/20 dan menggunakan cairan tetes mata untuk mata kering.

Berkendara

Jika kamu pengendara motor, efek berkendara setiap hari bisa mengganggu kebersihan dan kesehatan mata. Apalagi jika berkendara tanpa pelindung mata, jelas akan membuat mata kering karena panas matahari dan polusi udara.

Pastikan selalu menggunakan mata dengan menggunakan kacamata dan helm yang dilengkapi kaca full face, agar debu tidak mudah masuk dan membuat mata kotor dan kering. Jika mata masih terasa tak nyaman dan kering, jangan segan untuk menggunakan cairan tetes mata untuk mata kering.

Mata kering memang membuat aktivitas terhambat dan jadi tak nyaman. So, pastikan selalu membawa pelindung mata, cairan tetes mata, cukup mengonsumsi air putih, melakukan olahraga mata ringan dan tidak menggosok mata, agar hari-harimu bebas mata kering.

Post Update :
Date : Saturday, April 20, 2019 - Sabtu, 20 April 2019