Cara Mengatasi Mata Kering

Mata termasuk bagian panca indera yang utama bagi manusia. Wajar apabila mata menjadi prioritas bagi seseorang untuk terjaga kesehatannya. Berbagai gangguan pada mata tentu sangat berpengaruh pada aktifitas keseharian anda, sehingga harus segera ditangani. Gangguan pada mata bisa terjadi karena iritasi, radang, infeksi, atau kondisi internal yang disebabkan oleh kebiasaan seseorang. Apapun gangguan yang terjadi, memang sebaiknya segera diatasi dengan cara yang tepat untuk mengurangi risiko penyakit mata lebih parah.

Mata kering adalah salah satu gangguan mata yang sering terjadi selain mata merah. Kondisi mata yang kering diakibatkan oleh tidak stabilnya kelenjar air mata memproduksi air mata yang sejatinya berfungsi untuk menjaga kelembaban mata secara alami. Ya, air mata adalah faktor yang sangat penting dibutuhkan untuk kesehatan mata. Pada setiap kedipan mata secara umum air mata sudah langsung menyebar ke permukaan mata yang berfungsi untuk mengurangi risiko infeksi dan tertinggalnya benda asing di dalam mata.

 

http://www.annisa-collection.com/category/ethica-fashion/

Sponsor By ANNISA COLLECTION

Mata kering umumnya sangat mengganggu aktifitas keseharian. Bahkan kondisi mata kering yang juga dikenal dengan sebutan Dry Eyes Syndrome ini dikatakan sebagai gangguan mata yang sering terjadi pada era sekarang. Mengingat kondisi cuaca serta berbagai faktor lingkungan yang tidak sehat. Beberapa kondisi yang bisa ditimbulkan saat terjadi mata kering diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mata perih dan panas.
  • Iritasi mata yang menyebabkan mata menjadi merah.
  • Rasa gatal dan seperti ada ganjalan disekitar mata, penyebab mata gatal bisa karena iritasi.
  • Mata lebih sensitif.
  • Mata lelah dan berair.
  • Seringnya muncul kotoran pada ujung mata.
  • Jika semakin parah bisa menimbulkan rasa nyeri pada mata dan sekitarnya (kelopak, bagian bawah mata).

Gejala tersebut akan semakin parah menjadi peradangan atau infeksi apabila tidak ditangani secara cepat. Kondisi mata kering memang tidak membutuhkan tindakan yang serius dalam penanganannya, namun tetap berakibat fatal jika salah dalam mengambil tindakan (bisul, nyeri kornea, gangguan penglihatan). Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mata kering yang bisa dilakukan sendiri di rumah secara alami, sebelum anda memutuskan untuk memeriksakan lebih lanjut ke rumah sakit.

1. Obat Tetes Mata

Menggunakan obat tetes mata seringkali menjadi pilihan untuk mengatasi mata kering secara instan. Namun, tidak semua obat tetes mata memiliki fungsi yang demikian. Bagi anda yang mengalami mata kering, bisa meneteskan tidak lebih dari 6 tetes dalam sehari. Dosis tersebut sudah umum dan wajib ditaati karena kandungan obat tetes mata sesungguhnya adalah untuk mengatasi infeksi atau kondisi mata yang mengalami gangguan cukup serius. Mengatasi mata kering dengan obat tetes mata atau air mata buatan ini akan membantu menghasilkan uap air lebih banyak sehingga permukaan mata tidak kering.

2. Usahakan Mata Selalu Lembab

Mengusahakan mata selalu lembab dengan beberapa trik bisa dilakukan. Satu diantaranya adalah dengan menggunakan salep atau gel pelumas khusus untuk mata. Atau bisa juga dengan cara memijat ringan bagian sekitar kelopak mata yang berfungsi untuk menetralkan kembali kondisi mata dan mengembalikan kelembaban mata secara alami.

3. Hindari Dehidrasi

Dehidrasi merupakan satu diantara pemicu mata kering. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan cairan dengan rajin mengonsumsi air mineral setiap harinya sesuai takaran akan sangat bermanfaat menjaga mata agar selalu lembab. Dengan mengonsumsi lebih banyak air akan menjaga selaput lendir mata agar selalu dalam kondisi lembab.

4. Pelembab Indoor

Meletakkan pelembab di dalam rumah sesungguhnya memiliki peran yang cukup efektif untuk membantu mengatasi mata kering. Dengan demikian, kelembaban pada mata akan selalu terjaga karena lebih banyak uap udara di dalam ruangan rumah anda.

5. Istirahatkan Mata

Mata yang kering bisa terjadi akibat kurangnya mata istirahat dari rutinitasnya seperti menonton TV, komputer, dan selalu fokus dijalan. Sementara kondisi di luar sudah jelas mengandung efek buruk radikal bebas yang juga membawa berbagai jenis kotoran serta debu yang bisa masuk ke dalam mata. Oleh sebab itu, ada baiknya mengistirahatkan mata dan memanjakan mata dengan pemandangan alam agar lebih memberikan rileksasi bagi mata yang lelah. Saat mengistirahatkan mata anda bisa juga menggunakan kompres air hangat untuk menutup mata atau dengan menggunakan uap esensial bunga untuk dipijarkan pada mata.

6. Terapi Air Mawar

Terapi air mawar dilakukan dengan cara mencelupkan mata beberapa saat pada rendaman air mawar. Terapi ini diyakini memiliki efek yang baik untuk mengembalikan kesehatan mata terutama untuk mata yang kering dan lelah. Air mawar berfungsi untuk menghilangkan kotoran mikro yang mungkin menempel pada mata dan membuat mata terasa lebih bersih. Air mawar bisa dibuat sendiri dengan merendam bunga mawar segar dalam air dingin, atau bisa juga jika ingin membelinya langsung di toko atau apotik terdekat karena sudah tersedia secara bebas di pasaran.

7. Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga mata agar selalu sehat dan terhindar dari kondisi yang merugikan. Mengonsumsi berbagai jenis buah dengan kadar vitamin A yang tinggi akan membantu mengurangi kondisi seperti mata yang kering. Anda bisa juga mencampurkan ikan salmon yang kaya nutrisi dalam menu harian untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Beberapa jenis makanan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kesehatan mata adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, serta jenis berry-berryan.

8. Sering Membasuh Kelopak Mata

Ambil beberapa tetes sampo bayi pada ujung jari Anda dan kemudian dengan mata tertutup, oles serta pijatkan sampo tersebut pada kelopak mata. Bersihkan sampo yang ada di area mata tersebut dengan cara membasuhnya menggunakan air hangat. Melakukannya secara rutin sehari 1-2 kali akan memberikan hasil luar biasa supaya mata tidak cepat kering.

9. Kompres Hangat

Untuk menghilangkan atau mengatasi mata kering, Anda bisa mengompres bagian mata dengan kompres hangat. Rasa atau sensasi hangat dari kompres tersebut bakal membantu memperlancar aliran darah di sekitar mata dan akan meningkatkan produksi air mata serta menjaga kelembaban mata.

10. Menggunakan Minyak Kelapa

Untuk mata kering, bisa juga menggunakan minyak kelapa dengan cara mencelupkan kapas bersih ke dalamnya dan kemudian dikompreskan selama 15 menit pada kelopak mata yang tertutup. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya sangat tinggi sehingga berguna juga mengurangi risiko ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mata kering.

11. Menggunakan Minyak Kastor

Minyak kastor juga bisa membantu mengatasi masalah mata kering. Pastikan Anda memiliki alat tetes mata di mana kemudian dengan alat tersebut Anda dapat mengaplikasikan langsung minyak kastor pada kedua mata secara bergantian. Melakukannya sehari 2 kali akan menjaga kelembaban mata berikut juga menurunkan potensi kemerahan akibat mata kering.

12. Latihan Berkedip

Supaya tidak kering, bisa juga melakukan latihan atau olahraga berkedip. Tutuplah mata selama 2 detik dan kencangkan lalu hitung 2 detik lagi sebelum kemudian mata dibuka secara lebar-lebar dan hitung sampai 2. Lakukan cara ini selama beberapa kali, terutama akan lebih baik kalau sehari bisa dilakukan 4 kali agar bisa membuat mata kering kembali lembab.

Post Update :
Date : Wednesday, April 24, 2019 - Rabu, 24 April 2019