Berikut Pengaruh Kafein Untuk Kesehatan Wanita

Kopi mungkin seringkali disebut sebagai sumber kafein yang cukup besar dan juga mudah ditemukan. Tapi ternyata kafein tidak hanya terdapat pada minuman beraroma khas tersebut. kafein juga secara alami muncul di 60 tanaman seperti kopi, teh, dan coklat. Kafein juga ditambahkan pada beberapa jenis minuman ringan dan minuman berenergi, bahkan kafein tetap terkandung pada kopi dengan label decaf (decaffeination) atau white coffe.

Tapi benarkah kafein bisa membantu kerja lebih fokus? atau menghilangkan selulit dan mengencangkan kulit? Banyak informasi seputar manfaat kafein bersama dengan efeknya pada tubuh. Tapi, tidak semua informasi tersebut benar atau telah terbukti secara ilmiah. Di bawah ini terdapat beberapa Fakta dan Mitos Kafein yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

http://www.annisa-collection.com/category/ethica-fashion/

Sponsor By ANNISA COLLECTION

 

MenurutĀ  situs curhatbidan.com, Berikut Fakta Dan Mitos Kafein Untuk Kesehatan Wanita

Kafein membuat pikiran lebih fokus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak meminum kopi secara rutin, bisa menjadi lebih waspada dan fokus ketika mengerjakan tugas yang sifatnya kognitif (membutuhkan nalar) dan juga motorik, jika diberikan kafein dalam dosis yang cukup. Mengkonsumsi kafein baik untuk meningkatkan performa ketika mengerjakan tugas yang membosankan, seperti mengetik. Tapi efeknya tidak terlalu terasa pada orang yang meminum kopi setiap hari.

Membantu meringankan sakit kepala

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang cukup, maksimal 1-2 gelas kopi sehari juga bisa membantu meringankan sakit kepala. Gangguan kesehatan ini pada umumnya muncul karena pembesaran pembuluh darah di otak. Dengan mengkonsumsi kafein, bisa sedikit menyempitkan pembuluh darah dan juga bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Kafein juga mempunyai manfaat sebagai anti peradangan, yang bermanfaat sebagai pereda rasa sakit ringan.

Kafein berbahaya bagi ibu hamil

Padahal kopi atau minuman yang berkafein aman-aman saja dikonsumsi oleh ibu hamil, hanya saja jumlahnya yang harus dibatasi. Dan ibu hamil sendiri tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein perharinya, sebab dosis yang terlalu tinggi bisa beresiko melahirkan bayi yang nantinya memiliki berat di bawah rata-rata dan bahkan keguguran. Dan teh juga pada umumnya mengandung kefein jang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi atau minuman penambah stamina, untuk tetap aman sebaiknya cukup mengkonsumsi teh 1-2 cangkir per hari saja.

Bisa menyebabkan hipertensi

Beberapa artikel juga menyebutkan bahwa kafein bisa meningkatkan resiko penyakit hipertensi. Hal ini bisa saja terjadi pada seseorang yang meminum minuman berkafein setiap hari. Tapi sifatnya tidak permanen. Peminum kopi reguler memang akan mengalami peningkatan tekanan darah tapi jumlahnya tidak terlalu tinggi. Dan sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara kafein dengan penyebab hipertensi.

Kafein bantu menurunkan berat badan

Karena sebagian besar pil penurun berat badan mengandung kafein yang tinggi sebab dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein memang bisa memicu suhu tubuh lebih panas dan melepaskan energi lebih banyak saat proses pencernaan makanan. Tapi sampai sekarang belum ditemukan bukti yang kuat untuk menunjukkan bahwa proses tersebut akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Karena kafein lebih bermanfaat turunkan berat badan ketika berolahraga. Salah satu ahli mengatakan meminum kopi hitam tanpa gula sesaat sebelum berolahraga bisa membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

Memaksimalkan olahraga

Ini bisa iya dan bisa tidak, tergantung dari jenis olahraga yang dilakukan. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan ketahanan stamina. Kopi juga bisa memicu metabolisme tubuh untuk membakar lemak lebih banyak. Tetapi mengkonsumsi kafein ini kurang efektif untuk latihan angkat beban karena efeknya yang kurang signifikan dalam pembakaran lemak.

Kafein dan kanker

Dari 13 studi yang melibatkan 20 ribu orang telah melakukan dan menunjukan hasil studi bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kafein dan meningkatnya resiko terkena kanker. Bahkan juga beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi yang dikenal sebagai sumber kafein bisa membantu kita memerangi kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Kafein menyebabkan masalah jantung

Benar halnya bahwa mengkonsumsi kafein bisa menimbulkan kenaikan denyut jantung dan juga tekanan darah, tapi ini biasanya bersifat sementara dan hanya terjadi pada mereka yang sensitif terhadap kafein. Beberapa penelitian yang dilakukan belum menemukan hubungan antara kafein dengan peningkatan kolesterol ataupun peningkatan resiko penyakit kardiovaskular. Dan jika sebelumnya anda memang sudah memiliki penyakit atau kelainan pada jantung dan tekanan darah, lebih baik konsultasikan kembali dengan dokter mengenai porsi kafein yang bisa ditoleransi oleh tubuh. kulit Anda untuk membantu.

Meminum secangkir kopi merupakan salah satu kenikmatan tersendiri bagi pecinta kopi. Tidak hanya kaum lelaki, banyak kamu wanita yang juga gemar meminum kopi. Karna rasanya yang khas dan banyak memiliki banyak varian dalam pengolahannya, kopi menjadi salah satu minuman yang menjadi favorit kebanyakan orang. Alasan lain banyak orang mengkonsumsi kopi yakni karena kopi juga dapat dijadikan penghilang rasa kantuk karena kandungan kafein dan beberapa zat yang ada di dalam kopi.

 

Manfaat Kopi bagi wanita

Namun ternyata, selain dapat menghilangkan rasa kantuk, kopi juga memeiliki beberapa manfaat lain, terlebih bagi wanita.

Menurut manfaat.co.id, Berikut beberapa manfaat yang dimiliki kopi untuk kesehatan wanita :

Menghindari stres dan rasa depresi

Ketika menjalankan aktivitas sehari-hari, wanita dapat mengalami depresi bahkan dapat merasa tertekan meskipun tidak ada pihak yang menekan. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan meminum kopi dapat mengurangi depresi yang dialami oleh wanita. Penurunan depresi yang ditimbulkan oleh efek kopi sebesar 10 persen. Sehingga dengan meminum kopi, depresi yang dialami oleh kebanyakan wanita dapat diturunkan. Selain itu, aroma pada kopi juga dapat berfungsi untuk memicu aktivitas gen dan melindungi sel-sel saraf. Dengan fungsi aroma kopi inilah, rasa stress yang dialami oleh wanita dapat dihindari. Dengan mengkonsumsi 2 gelas kopi setiap harinya, wanita akan terhindar dari stress dan juga mengurangi risiko bunuh diri.

Menjaga kesehatan hati

Selain aromanya yang dapat menghilangan rasa stres, mengkonsumsi kopi juga dapat menjaga kesehatan organ hati. Kafein yang terkandung di dalam kopi apabila dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit autoimun langka atau yang biasa disebut primary sclerosing cholangitis PSC) yang dapat mengakibatkan gagal hati, sirosis hati dan kanker hati.

Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi memang memiliki manfaat yang beragam. Kafein dalam kopi dapat membantu menurunkan berat badan karena kafein dapat menekan nafsu makan. Kafein juga mengakibatkan cairan dalam tubuh dapat berkurang akibat proses panas dan energi atau proses pembakaran lemak. Kekurangan cairan dalam tubuh harus dihindari dan digantikan oleh cairan lain agar cairan dalam tubuh tetap seimbang. Bahkan beberapa pengobatan untuk menurunkan berat badan menggunakan kafein. Ada penelitian yang menjelaskan bahwa mengkonsumis kopi secara rutin dapat membakar lemak sebesar 10% bagi orang yang mengalami obesitas dan membakar 29% lemak pada orang kurus. Namun fungsi kafein untuk mengurangi berat badan juga harus didampingi oleh dokter agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Menangkal kanker kulit

Meskipun dipercaya tidak baik untuk kesehatan wanita, namun kopi juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wanita. Salah satunya dengan menjaga kulit agar tidak terkena kanker kulit. Kopi dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit pada wanita. Dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 2 cangkir setiap harinya, maka kebanyakan wanita dapat mengurangi risiko kanker kulit yang dapat menyerang siapa saja.

Menurunkan risiko alzheimer dan risiko parkinson

Pada usia 65 tahun biasanya terdapat beberapa orang yang terserang penyakit Alzheimer dan dapat menyebankan demensia. Konsumsi kopi secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko terserang penyakit Alzheimer pada orang berusia lanjut. selain penyakit Alzheimer, kafein pada kopi juga dapat menurunkan penyakit Parkinson dengan taraf penurunan sekitar 32-60%.

Karena belum adanya obat obatan medis yang dapat menyembuhkan penyakit ini, maka lebih difokuskan pada pencegahan penyakit ini yakni dengan mengkonsumsi kopi.

Mengatasi risiko diabetes tipe II

Selain kandungan kafein yang sangat terkenal dimiliki oleh kopi, kopi juga mengandung kromium dan magnesium. Kromium dan magnesium yang terkandung di dalam kopi dapat menekan risiko diabetes tipe II. Efek penuruna yang ditimbulkan oleh kopi dalam menekan penyakit diabetes tipe II ini cukup drastis. Yakni dapat menurunkan sekitar 20% risiko terserang risiko diabetes tipe II.

Sebagai sumber Antioksidan

Selain kafein, kromium dan magnesium, kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Antioksidan yang terkandung dakan kopi dapat bekerja sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Dari beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari efek meminum kopi, bagi para wanita juga harus diperhatikan batasan dan dampak meminum kopi. Selain memiliki manfaat, kandungan dalam kopi juga dapat berbahaya bagi wanita.

 

Bahaya kopi bagi wanita

Kandungan dalam kopi apabila tepat dalam takaran meminumnya dapat bermanfaat bagi wanita. Namun apabila konsumsi kopi melebihi takaran yang disarankan, kopi juga dapat berbahaya bagi wanita. Perlu diwaspadai bahwa kopi dapat menimbulkan efek kecanduan, sehingga membuat orang yang mengkonsumsi kopi selalu ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi. Padahal apabila konsumsi kopi melebihi jatah normal, maka bagi wanita kopi dapat menimbulkan kerusakan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Bahkan konsumsi yang terlalu banyak dapat mengurangi kesuburan bagi wanita dan apabila dilanjutkan dapat menjadikan wanita mandul. Selain beberapa bahaya tersebut, kopi juga dapat menimbulkan gangguan lain seperti insomnia, gugup tremir, mual, jantung berdebar dan rasa kegelisahan.

Post Update :
Date : Friday, April 26, 2019 - Jumat, 26 April 2019