Thyroid Eye Disease

 

Thyroid Eye Disease

Thyroid Eye Disease. Penyakit tiroid atau istilah awamnya disebut gondokan, pada umumnya digambarkan sebagai pembengkakan yang terjadi di bagian leher. Namun ternyata, ia juga dapat menyerang organ tubuh lain seperti mata yang disebut Thyroid Eye Disease (TED).

Penyebab penyakit ini adalah kelebihan hormon tiroid atau disebut hipertiroid. Hipertiroid terjadi karena adanya “kesalahan” pada sel-sel yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi, namun sel-sel tersebut melihat kelenjar tiroid sebagai sel asing sehingga ia melawannya. Hal ini menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi hormon lebih banyak yang kemudian terjadilah hipertiroid.

Efeknya otot-otot mata menjadi bengkak dan mendorong bola mata ke depan, infeksi, pelebaran pembuluh darah hingga tumor.

Sedangkan tanda-tanda yang memungkinkan seseorang terkena TED adalah: mata terasa seperti terbakar dan kering khususnya saat membaca, retraksi pada kelopak mata, penglihatan ganda, pembengkakan, rasa sakit pada bagian belakang mata, sensitif terhadap cahaya, dan kelopak mata atas terkulai.

Proses penyembuhan yang dapat dilakukan adalah dengan pembedahan baik itu operasi dekompresi orbital, yaitu menyingkirkan tulang di antara orbit (rongga penyangga bola mata) untuk memberi ruang pada jaringan yang bengkak sehingga mengurangi tekanan pada saraf optik, pembedahan otot-otot mata maupun pembedahan kelopak mata. Thyroid Eye Disease

Post Update :
Date : Wednesday, April 24, 2019 - Rabu, 24 April 2019