Pengobatan Nyeri Punggung Bawah

Pengobatan Nyeri Punggung Bawah

Untuk   Nyeri Punggung Bawah   bisa diperbaiki dengan konsumsi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Nutrisi herbal yang terbagus adalah yang mengandung 6 karotenoid sebagai sumber antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan sel tubuh secara total baik karena sakit maupu karena aus. Nutrisi herbal yang dimaksud bisa didapat dengan konsumsi S.LUTENA.

Nyeri punggung bawah sangat umum. Mempengaruhi 4 dari 5 orang pada beberapa waktu sepanjang hidup mereka. Hal ini adalah penyebab ketidakmampuan diusia mereka ke 19 sampai 45 tahun dan adalah penyebab umum kedua pada hari kerja yang hilang (setelah flu biasa) untuk orang dewasa yang lebih muda dari 45 tahun. nyeri punggung bagian bawah menjadi lebih umum sesuai usia orang. Yang mempengaruhi separuh orang yang lebih tua dari 60 tahun pada setiap waktu yang diberikan. Setiap tahun, pengobatan pada nyeri punggung bagian bawah mengeluarkan biaya lebih dari 80 milyar dolar amerika, dan klaim asuransi untuk ketidakmampuan disebabkan nyeri punggung bagian bawah melebihi 8 milyar dolar. Dengan demikian, meskipun nyeri punggung bagian bawah jarang dihasilkan dari gangguan yang mengancam nyawa, hal ini adalah masalah kesehatan yang berarti. Meskipun begitu, jumlah luka punggung di dunia kerja menurun, mungkin karena kesadaran pada masalah tersebut telah meningkat dan cara-cara menghadapinya telah meningkat.

Tulang punggung (spinal column) terdiri dari tulang belakang (vertebrae), yang terpisah dan berbantalkan piringan per-penyerapan yang dibuat dari tulang rawan. Tulang belakang juga dilindungi oleh lapisan tipis tulang rawan. Mereka ditopang oleh persendian dan otot-otot, yang membantu menyeimbangkan tulang punggung. Otot-otot ini termasuk kedua otot iliopsoas (yang menyusuri kedua sisi tulang punggung), kedua otot penegak tulang punggung (yang menyusuri sepanjang kedua sisi tulang punggung yang ada dibelakangnya), dan otot paraspinal pendek yang banyak (yang menyusur diantara tulang belakang). Otot perut (yang menyusur dari bagian bawah rongga dada menuju panggul) juga membantu menyeimbangkan tulang punggung.

Yang menempel di tulang belakang adalah tali tulang belakang. Sepanjang tali tulang belakang, syaraf tulang belakang timbul melalui ruang diantara tulang belakang untuk terhubung dengan syaraf sepanjang tubuh. bagian pada syaraf tulang belakang didekat tali tulang belakang disebut akar syaraf tulang belakang. Karena letak mereka, akar syaraf tulang belakang bisa tertekan ketika tulang belakang terluka, mengakibatkan nyeri.

Tulang belakang yang paling bawah (lumbar) terdiri dari lima tulang belakang. Yang menghubungkan dada ke panggul dan kaki, menghasilkan gerakan-untuk berbelok, memutar, dan menekuk. Yang juga menghasilkan kekuatan untuk berdiri, berjalan, dan berjinjit. Dengan demikian, tulang punggung berhubungan dengan hampir semua kegiatan hidup sehari-hari. Nyeri punggung bisa membatasi berbagai kegiatan dan mengurangi kualitas hidup.

PENYEBAB

Nyeri tulang belakang memiliki banyak penyebab, meskipun sering tidak terdapat penyebab spesifik yang bisa dikenali.

Salah satu penyebab paling umum adalah otot dan persendian yang tegang dan terkilir. Otot yang tegang dan terkilir bisa diakibatkan dari berjinjit, olah raga, atau berpindah pada cara yang tidak diinginkan (seperti ketika terjatuh atau ketika kecelakaan mobil). Ketika dikarenakan olah raga, luka pada tulang punggung kadangkala disebut punggung pengangkat berat (lumbar strain). Punggung pengangkat berat kemungkinan tidak hanya disebabkan oleh mengambil benda yang sangat berat dari bawah pada pengangkatan berat tetapi juga oleh mendorong berlawanan menentang penjaga garis pada sepak bola, secara tiba-tiba berbelok untuk menggiring bola setelah memantulkan bola pada bola basket, mengayunkan sebuah pemukul pada baseball, atau mengayunkan pemukul pada golf. Punggung bagian bawah lebih mungkin terluka ketika kondisi fisik seseorang adalah buruk dan otot penopang punggung adalah lemah. Memiliki postur yang buruk, menjadi kelebihan berat badan, dan menjadi lelah juga bisa mendukung.

Osteoarthritis (radang sendi menurun) menyebabkan tulang rawan yang melindungi dan menjaga tulang belakang untuk memburuk. Gangguan ini dipikirkan menjadi penyebab, setidaknya pada bagian, terhadap penggunaan dan sobekan pada tahun-tahun penggunaan. Piringan diantara tulang belakang memburuk, mempersempit ruang disana dan menekan akar syaraf tulang belakang. Tonjolan tulang yang tidak biasa (spurs) bisa terbentuk pada tulang belakang dan juga menekan akar syaraf tulang belakang. Seluruh perubahan ini bisa menyebabkan nyeri tulang belakang seperti kekakuan.

Pada osteoporosis, kepadatan tulang menurun, membuat tulang lebih mungkin untuk patah. Tulang belakang sangat rentan terhadap efek osteoporosis, sering mengakibatkan kehancuran (tekanan) patah (yang bisa menyebabkan nyeri punggung kronis). Meskipun begitu, kebanyakan patahan disebabkan osteoporosis di bagian atas dan tengah punggung dan menyebabkan bagian atas dann tengah lebih dari nyeri tulang punggung.

Piringan yang pecah atau hernia bisa menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Piringan memiliki pelindung yang keras dan isi yang lunak seperti jeli. Jika piringan secara tiba-tiba terperas oleh tulang belakang di atas dan di bawahnya (terjadi pada waktu mengangkat beban berat), pelindung bisa pecah, menyebabkan nyeri. Isi dari piringan bisa tertekan di pecahan pelindung, sehingga bagian isi menonjol keluar (hernia). Tonjola ini bisa tertekan, teriritasi, dan bahkan merusak saraf spinal di dekatnya, menyebabkan nyeri yang lebih lagi. Tonjolan atau herniated disk biasanya juga menyebabkan sciatica

GEJALA

Nyeri punggung bagian bawah kemungkinan sementara atau tetap ; dangkal atau dalam ; tumpul dan menyakitkan, berdenyut, atau tajam dan menikam, tergantung pada penyebab dan jenis nyeri. Terdapat beberapa jenis nyeri punggung bagian bawah.

Nyeri local terjadi di daerah khusus pada punggung bagian bawah. Hal ini biasanya disebabkan keseleo dan tegang. Nyeri tiba-tiba kemungkinan dirasakan ketika luka terjadi. Nyeri ‘lokal bisa sering diringankan dengan merubah posisi atau dengan aktifitas ringan diikuti dengan peregangan. Aktifitas fisik yang intens atau kemalasan cenderung membuat hal itu menjadi buruk. Nyeri ‘lokal kemungkinan tetap dan menyakitkan atau, suatu waktu, bisa jadi sebentar dan tajam. Punggung bagian bawah bisa terluka ketika disentuh. Kejang otot bisa terjadi karena tubuh bergerak pada cara yang tidak biasanya seperti menghindari gerakan yang memicu nyeri. Biasanya, nyeri ‘lokal sembuh secara bertahap lebih dari harian atau mingguan.

Nyeri disebabkan tekanan pada pusat syaraf punggung kemungkinan disebabkan beberapa gangguan seperti herniated disk, osteoarthritis, osteoporosis, spinal stenosis, atau penyakit paget. Nyeri tersebut seringkali terjadi dalam hitungan menit atau jam pada saat mengangkat benda yang berat, tetapi bisa terjadi secara spontan. Jenis nyeri ini cenderung menjadi sakit tumpul dengan tajam, nyeri intens yang menyebar kadangkala berlapis. Nyeri tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh yang berbeda, tergantung pada pusat syaraf mana yang terkena. Umumnya, nyeri tersebut menyebar dari punggung bagian bawah menuju bokong dan turun ke kaki pada bagian yang terkena, menyebabkan sciatica. Batuk, bersin, bersusah payah, atau menekuk berlebihan ketika menjaga kaki lurus bisa menimbulkan ketajaman tersebut, menyebarkan nyeri. Jika herniated disk adalah penyebab tersebut, nyeri tersebut memburuk dengan berjalan jauh. Jika stenosis punggung adalah penyebab, nyeri tersebut biasanya meningkan dengan meluruskan punggung (misal, ketika berjalan) dan diringankan dengan menekuk punggung ke depan (misal, ketika bersandar kedepan). Jika sebuah patahan yang menekan adalah penyebabnya, nyeri tersebut biasanya terjadi tiba-tiba, tetap pada derak tertentu pada punggung, dan memburuk ketika seseorang berdiri atau berjalan. Daerah dekat patahan kemungkinan lembut.

Biasanya, nyeri dan kelembutan hilang secara bertahap setelah beberapa minggu atau bulan. Jika tekanan pada pusat syaraf adalah besar, nyeri kemungkinan disertai kelemahan otot pada kaki, rasa seperti ditusuk jarum. Atau bahkan kehilangan rasa pada kendali kantung kemih atau isi perut.

Nyeri yang dikenal (yang berasal pada organ lain) cenderung dalam, menyakitkan, tetap, dan menyebar luas secara relatif (diffuse). Biasanya, tidak mempengaruhi gerakan, dan memburuk pada malam hari. Misal, infeksi ginjal bisa menyebabkan nyeri punggung bagian bawah yang dirasakan menuju sisinya cukup dibandingkan pusat punggung.

DIAGNOSA

Gejala-gejala, riwayat, dan hasil penelitian fisik bisa menduga penyebab nyeri punggung bawah. Sebagai bagian penelitian fisik, seorang dokter bisa meminta orang tersebut untuk bergerak dalam cara tertentu untuk memastikan jenis pada nyeri. Misal, seorang dokter bisa meminta orang tersebut untuk berbaring datar, kemudian mengangkat kaki tanpa menekuk lutut. Biasanya, tidak ada prosedur yang diperlukan jika penyebab tersebut adalah tegang atau keseleo. Jika penyebab lain diduga, prosedur lainnya sering diperlukan.

Sinar X pada punggung bawah bisa membantu mendeteksi herniated disk, perubahan degeneratif yang disebabkan oleh osteoarthritis, patahan yang menekan disebabkan tulang keropos, dan scoliosis. Meskipun begitu, magnetic resonance imaging (MRI) atau computed tomography (CT) menghasilkan gambar yang jelas dan bisa memastikan atau mengeluarkan diagnosa pada herniated disk, spinal stenosis, atau kanker. Jarang, ketika hasil MRI tidak jelas, myelography dengan CT diperlukan. Kadangkala, electromyography untuk memastikan lokasi kerusakan syaraf.

PENGOBATAN

Untuk nyeri punggung bawah yang baru-baru ini telah berkembang, pengobatan dimulai dengan menghindari kegiatan yang menekan tulang belakang dan menyebabkan nyeri-seperti mengangkat benda berat dan menekuk. Istirahat total untuk beberapa hari bisa meringankan nyeri. Meskipun begitu, hal ini tidak mempercepat resolusi nyeri, dan kebanyakan ahli menganjurkan melanjutkan aktifitas. Istirahat total, jika diperlukan, harus berlangsung tidak lebih dari 1 atau 2 hari. Jika gangguan khusus menyebabkan nyeri punggung bawah, mengobati gangguan itu-misal, memberikan antibiotik untuk mengobati infeksi kantung kemih-bisa mengurangi nyeri punggung bawah.

Obat-obatan anti-peradangan nonsteroidal OTC atau diresepkan bisa digunakan untuk meringankan nyeri dan mengurangi peradangan. Relaksan otot, seperti methocarbamol, carisoprodol, cyclobenzaprine, atau diazepam. Kemungkinan diberikan untuk meringankan kejang otot, meskipun kebanyakan para ahli menanyakan kegunaannya. Obat-obatan ini tidak dianjurkan untuk orang tua, yang lebih mungkin mengalami efek samping.

Penggunaan panas atau dingin dan pijat bisa membantu. Biasanya, tenaga tarik sangat tidak berguna. Beberapa laporan menduga bahwa akupuntur dan chiropractic manipulasi mempercepat resolusi pada nyeri, tetapi dugaan lain kecil atau tidak bermanfaat. Selama penyembuhan, penahan punggung atau korset kadangkala dianurkan untuk jangka waktu pendek atau untuk digunakan selama aktifitas yang menekan punggung. Meskipun begitu, pakaian pendukung ini bisa tidak nyaman dan, jika digunakan untuk waktu yang lama, bisa melemahkan otot punggung dengan cara kerja mereka.

Sesudah rasa sakit sudah reda, aktivitas ringan, sebagai dianjurkan oleh seorang dokter atau ahli terapi fisik, bisa mempercepat penyembuhan dan kesembuhan. Penggunaan spesifik untuk memperkuat dan merentangkan punggung biasanya dianjurkan untuk menolong mencegah rasa sakit punggung murung menjadi kronis atau berulang.Tindakan pencegahan lain (memelihara postur baik, memakai kasur kukuh dengan bantal yang ditempatkan secara pantas, menyingsing dengan semestinya, dan berhenti merokok) sebaiknya diteruskan atau mulai. Di jawaban ke ukuran ini, kebanyakan episode ketetapan hati rasa sakit punggung di 1 sampai 2 minggu. Bagaimanapun juga pengobatan, 80 sampai 90% dari episode seperti itu memecahkan dalam 6 minggu.

Jika nyeri punggung bawah adalah kronis, langkah-langkah tambahan diperlukan. Olahraga aerobic bisa membantu, dan pengurangan berat badan, jika diperlukan, disarankan. Jika nyeri tersebut berat, NSAIDs tidak bisa menyediakan penghilang nyeri yang cukup, dan analgesik apioid kemungkinan diperlukan. Jika analgesik ini tidak efektif, beberapa ahli menyarankan bahwa kortikosteroid, seperti deksametason atau methylprednisone, ditambah bius ‘lokal, seperti licodaine, disuntikan secara bertahap disekitar saluran tulang belakang-sebagai suntikan epidural. Meskipun begitu, suntikan ini biasanya hanya efektif untuk beberapa hari sampai beberapa minggu.

Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS) kadangkala dianjurkan. Sebuah alat yang prosedurnya sebuah sensasi lembut menggelitik dengan membangkitkan arus rendah yang bergerak kesana-kemari adalah digunakan. Terapis menempelkan alat tersebut ke daerah yang sangat menyakitkan beberapa kali sehari untuk 20 menit sampai beberapa jam setiap waktu, tergantung pada parahnya rasa sakit tersebut. orang kadangkala diajarkan untuk menggunakan sendiri alat tersebut.

Jika sebuah gangguan adalah penyebab nyeri dan nyeri tetap atau gejala-gejala serius, operasi kemungkinan diperlukan. Jika akar syaraf tulang punggung tertekan oleh piringan herniated adalah penyebab gejala-gejala seperti relentless sciatica, kelemahan, kehilangan sensasi, atau kehilangan kendali pada kandung kemih atau isi perut, operasi pengangkjatan pada lempengan (diskectomy) dan bagian tulang belakang (laminectomy) kemungkinan diperlukan. Bius ‘lokal biasanya diperlukan. Tinggal di rumah sakit setelah operasi pengangkatan lempengan biasanya 1 atau 2 hari. Seringkali, teknik microsurgical, dengan sayatan kecil, bisa digunakan. Bius ‘lokal digunakan, dan menginap di rumah sakit tidak diperlukan. Meskipun begitu, ketika sayatan adalah kecil, ahli bedah bisa tidak dapat melihat dan oleh karena itu tidak bisa mengangkat bagian lempengan burut. Setelah salah satu prosedur, kebanyakan orang kembali melakukan kegiatan mereka setelah beberapa minggu. Lebih dari 90% orang sembuh total.

Untuk stenosis tulang punggung yang berat, operasi untuk melebarkan saluran tulang punggung dengan pengangkatan sebagian besar tulang punggung kemungkinan dilakukan. Bius ‘lokal biasanya diperlukan. Menginap di rumah sakit biasanya 4 atau 5 hari. Orang bisa memerlukan waktu 3 sampai 4 bulan sebelum mereka bisa kembali melakukan seluruh kegiatan mereka. Sekitar dua pertiga orang tersebut menjadi baik atau sembuh sepenuhnya. Untuk sebagian besar bagian, gejala-gejala dicegah dari memburuk.

Ketika tulang punggung tidak seimbang karena penurunan yang disebabkan oleh penyakit tulang, tulang belakang bisa berpadu secara bersamaan. Meskipun begitu, perpaduan mengurangi pergerakan dan bisa membuat tambahan stress pada bagian tulang punggung.

PENCEGAHAN

Cara yang paling efektif untuk mencegah nyeri punggung bawah adalah olahraga dengan teratur. Dua jenis olahraga-olahraga aerobic dan olahraga meregangkan dan mengencangkan otot-sangat membantu.

Olahraga aerobik, seperti berenang dan berjalan, memperbaiki kesehatan umum, mengurangi kegemukan, dan umumnya menguatkan otot. Olahraga khusus untuk menguatkan dan meregangkan otot pada perut, bokong, dan punggung bisa menyeimbangkan tulang belakang dan mengurangi ketegangan pada piringan yang melindungi tulang belakang dan ligamen yang menopang nya pada tempatnya.

Latihan memperkuat otot termasuk memiringkan panggul dan melengkungkang perut. latihan meregangkan termasuk duduk meregangkan kaki, lutut sampai dada meregang, dan pinggul dan quadriceps. Latihan peregangan bisa meningkatkan nyeri punggung pada beberapa orang dan oleh karena itu harus dilakukan dengan hati-hati. Sebagai aturan umum, setiap latihan yang menyebabkan atau meningkatkan nyeri punggung harus dihentikan. Latihan harus diulangi sampai otot terasa ringan tetapi tidak sepenuhnya lemah. Bernafas selama setiap latihan adalah penting. Ketika mengangkat berat, menggunakan sabuk pengangkat berat bisa membantu mencegah luka kembali. Orang yang mengalami nyeri punggung harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berolah raga.

Latihan Untuk Mencegah Nyeri Punggung Bawah

Pelvic Tilts

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk, tumit diatas lantai, dan berat badan bertumpu pada tumit. Tekan punggung kecil menghadap lantai, kerutkan bokong (angkat sekitar setengah inci dari lantai), dan kerutkan otot perut. tahan posisi ini untuk hitungan 10. ulangi 20 kali

Abdominal Curls

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki diatas lantai. Letakkan tangan melintani dada. Mengkerutkan otot perut, secara perlahan mengangkat bahu 10 inci dari lantai sambil menjaga kepala belakang (dagu seharusnya tidak menyentuh dada). Kemudian mepaskan otot perut, secara perlahan merendahkan bahu. lakukan 3 kali 10

Knee-to-Chest Stretch

Berbaring pada punggung dengan lutut ditekuk dan kedua tumit pada lantai. Ketika menjaga lutut ditekuki, letakkan kedua tangan dibelakang salah satu lutut dan arahkan ke dada. Tahan untuk hitungan ke 10. secara perlahan rendahkan kanki dan ulangi dengan kaki yang lain. Lakukan latihan ini 10 kali.

Sitting Leg Stretch

Duduk diatas lantai dengan lutut lurus tetapi sedikit dilenturkan (tidak dikunci) dan kaki berpisah sejauh mungkin. Letakkan kedua tangan diatas lutut yang sama. Secara perlahan-lahan dorong kedua tangan kearah pergelangan kaki. Hentikan jika nyeri terasa dan berjalan tidah lebih jauh dari posisi yang bisa ditahan dengan nyaman untuk 10 detik. Secara perlahan-lahan kembali ke posisi duduk. Ulangi dengan kaki yang lain. Lakukan olahraga ini 10 kali untuk setiap kaki.

Hip and Quadriceps Stretch

Berdiri dengan salah satu kaki diatas lantai dan lutut pada kaki yang lain ditekuk kira-kira bersudut 90 º. Genggam didepan pergelangan kaki pada kaki yang ditekuk dengan tangan pada sisi yang sama. (tangan yang lainnya kemungkinan diletakkan di belakang bangku atau pada dinding untuk keseimbangan). Menjaga lutut bersamaan, menekan kaki berlawanan dengan tangan dan menjauh dari tubuh. tahan untuk hitungan ke 10. ulangi dengan kaki yang lain. Lakukan olah raga ini 10 kali.

Olahraga bisa juga membantu orang memelihara kepadatan tulang dan berat yang diinginkan. Dengan demikian, olahraga bisa mengurangi resiko berkembangnya dua kondisi yang bisa menyebabkan nyeri punggung bawah-tulang keropos dan kegemukan.

Menjaga sikap tubuh yang vaik ketika berdiri dan duduk mengurangi tekanan pada punggung; bermalas-malasan harus dihindari. Tempat duduk kursi bisa disesuaikan yang membuat kaki datar diatas lantai, dengan lutut sedikit ditekuk dan punggung bawah datar berlawanan dengan belakang bangku. Jika kursi tidak mendukung punggung bawah, bantal bisa digunakan dibelakang punggung bawah. Duduk dengan kaki pada lantai dibandingkan dengan kaki melintang dianjurkan. Orang harus menghindari berdiri atau duduk untuk waktu yang lama. Jika berdiri lama atau duduk tidak bisa dihindari, merubah posisi dengan sering bisa mengurangi tekanan pada punggung.

Tidur dalam posisi yang nyaman pada kasur yang keras dianjurkan. Bantal dibawah pinggang dan kepala bisa digunakan untuk menahan orang yang tidur pada sisi mereka, dan bantal dibawah lutut bisa digunakan oleh mereka yang tidur pada punggung mereka. Bantal dibawah kepala harus tidak menekan lehek untuk menekuk terlalu banyak.

Belajar untuk mengangkat dengan semestinya membantu mencegah luka kembali. Lutut harus cukup ditekuk dimana lengan setingkat dengan benda yang diangkat. Kaki, bukan punggung, harus digunakan untuk mengangkat. Mengangkat benda melebihi kepala meningkatkan resiko luka kembali. Menggunakan ganjalan yang kuat membuat beberapa angkatan tidak diperlukan. Benda berat harus dibawa dekat dengan tubuh. berhenti merokok juga dianjurkan.

 

Untuk  Gangguan  Nyeri Punggung Bawah bisa diperbaiki dengan konsumsi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Nutrisi herbal yang terbagus adalah yang mengandung 6 karotenoid sebagai sumber antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan sel tubuh secara total baik karena sakit maupu karena aus. Nutrisi herbal yang dimaksud bisa didapat dengan konsumsi S.LUTENA.

S.LUTENA merupakan nutrisi kesehatan tubuh secara total yang berfungsi untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan memperbaiki kerusakan sel tubuh secara menyeluruh. S.Lutena ini bisa membantu mempercepat penyembuhan berbagai penyakit, pemakaian dalam waktu lama tidak menimbulkan efek samping apapun bahkan bisa menjadikan tubuh kita kembali muda (antiaging). Kandungan antioksidan dari 6 karatenoid yang terdapat dalam s.lutena ini diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel baik karena aus maupun karena suatu penyakit tertentu.

TESTIMONIAL Gangguan Nyeri Punggung Bawah


Kesaksian dr. Sugiyanto pada tgl. 26 Februari 2013 dlm Acara Natural Info di kantor pusat Naturally Plus Jakarta Indonesia.

dr. Sugiyanto (70 thn) mengalami gangguan pada mata, namun hilang setelah konsumsi S LUTENA (SUPER LUTEIN).

Isteri Beliau (60 thn) menderita sakit punggung bagian bawah (low back pain) yg menyebabkan emosi tidak stabil. Namun sakit tsb juga hilang dengan konsumsi S LUTENA.

NB: Testimonial ini merupakan murni dari pengalaman pribadi dari orang-orang yang telah konsumsi super lutein/s.lutena dan super lutein mirtoplus. Testimonial ini juga bukan merupakan rujukan, anutan atau patokan yang digunakan untuk menentukan lama penyembuhan dari pengobatan baik itu digunakan sebagai suplemen/nutrisi kesehatan ataupun untuk pengobatan. Jadi apabila ada konsumen yang belum ada hasil seperti dalam testimoni ini bukan berarti SUPER LUTEIN, S.LUTENA atau SUPER LUTEIN MIRTOPLUS tidak manjur, itu merupakan proses dari perbaikan metabolisme tubuh dan perbaikan sel-sel rusak, dimana kondisi setiap orang berbeda, ada yang cepat dalam penyembuhan, ada pula yang lama.

Nutrisi Herbal Untuk  Nyeri Punggung Bawah

Hal utama yang perlu diperhatikan Untuk    Nyeri Punggung Bawah adalah dengan memperhatikan nutrisi tubuh setiap hari, nutrisi tubuh tentunya kita dapat dari bahan makanan yang kita makan, makanan terbaik adalah dengan memperbanyak asupan sayur dan buahan dalam menu harian kita dan tentu saja untuk memaksimalkan nutrisi kita juga perlu suplemen alami. S.Lutena merupakan nutrisi herbal dari berbagai jenis buah dan sayuran yang benar-benar alami dan organik. Kandungan 100% herbal buah dan sayuran serta DHA ikan. S.Lutena/Super Lutein tidak hanya untuk Nyeri Punggung Bawah   saja tetapi  juga untuk memperbaiki gangguan fungsi organ tubuh lainnya.

Fungsi utama S.Lutena adalah memperbaiki metabolisme tubuh dan mengoptimalkan fungsi seluruh organ tubuh agar berfungsi optimal dalam memperbaiki kerusakan sel/saraf pada setiap organ tubuh dan juga memperbaiki sistem imunitas tubuh.

Apa itu S.Lutena?

S.Lutena Nutrisi Herbal Untuk  Nyeri Punggung Bawah

S.LUTENA merupakan nutrisi kesehatan tubuh secara total yang berfungsi untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan memperbaiki kerusakan sel tubuh secara menyeluruh. S.LUTENA ini bisa membantu mempercepat penyembuhan berbagai penyakit, pemakaian dalam waktu lama tidak menimbulkan efek samping apapun bahkan bisa menjadikan tubuh kita kembali muda (antiaging). Kandungan antioksidan dari 6 karatenoid yang terdapat dalam s.lutena ini diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel baik karena aus maupun karena suatu penyakit tertentu.

 
Manfaat S.Lutena Secara Umum adalah :
•Detoksifikasi
•Memperbaiki, Mengaktifkan dan Memperbaharui Sel Tubuh
•Pembersih Darah
•Antioksidan

Tiap botol S.Lutena berisi 100 kapsul.

Komposisi: refined fish oil (mengandung DHA), wheat germ oil, ektrak blackcurrant, ekstrak blueberry, gelatin, gliserin, beeswax ektrak, vitamin E, ektrak marigold (mengandung lutein dan zeaxanthin), lycopene tomat, carotene, gardenia, vitamin B1, B2, B6, B12. Pengobatan Nyeri Punggung Bawah

Post Update :
Date : Sunday, December 11, 2016 - Minggu, 11 Desember 2016