Macular Pucker

 

 

Apa yang dimaksud dengan Macular Pucker?

 

Macular Pucker (makula mengerut)adalah jaringan parut yang terbentuk pada makula mata. Makula terletak di pusat peka cahaya jaringan mata yang disebut retina.

Macular Pucker  juga disebut membran epiretinal, membran preretinal, maculopathy plastik, kerut retina, retinopati permukaan kerutan, fibrosis premacular, dan penyakit membran internal membatasi.

Apa Fungsi Macula tersebut?

Fungsi utama dari makula adalah untuk menyediakan tajam, penglihatan sentral. Tajam, penglihatan sentral diperlukan untuk membaca, mengemudi, dan melihat detail halus. Sebuah mengerut makula dapat menyebabkan kabur dan terdistorsi penglihatan sentral.

Detasemen vitreous?

Sebagian besar interior mata diisi dengan vitreous, zat seperti gel yang mengisi sekitar 80 persen dari mata dan membantu itu mempertahankan bentuk bulat. Vitreous mengandung jutaan serat halus yang menempel pada permukaan retina. Seperti yang kita usia, vitreous perlahan menyusut dan menarik diri dari permukaan retina. Ini disebut detasemen vitreous, dan normal. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada efek samping, kecuali sedikit peningkatan floaters, yang sedikit “jaring laba-laba” atau bintik yang tampaknya mengambang dalam bidang pengelihatan Anda.

Namun, kadang-kadang ketika vitreous menarik diri dari retina, ada kerusakan mikroskopis ke permukaan retina. Ketika ini terjadi, retina memulai proses penyembuhan ke daerah yang rusak dan bentuk jaringan parut, atau membran epiretinal, pada permukaan retina. Ini jaringan parut yang melekat erat pada permukaan retina. Ketika kontrak jaringan parut tersebut, menyebabkan retina keriput, atau mengerut, biasanya tanpa efek pada penglihatan sentral. Namun, jika jaringan parut telah terbentuk lebih dari makula, kami tajam, penglihatan sentral menjadi kabur dan terdistorsi.

Apa yang menyebabkan Macular Pucker?

Puckers makula sebagian besar berkaitan dengan detasemen vitreous. Detasemen vitreous biasanya terjadi pada orang di atas usia 50. Seperti yang Anda usia, Anda berada pada peningkatan risiko untuk mengerut makula.

Sebuah mengerut makula juga bisa dipicu oleh penyakit mata tertentu dan gangguan, seperti retina terpisah dan radang mata. Juga, penderita diabetes kadang-kadang mengembangkan penyakit mata yang disebut retinopati diabetik, yang dapat menyebabkan mengerut makula. Sebuah mengerut makula juga dapat disebabkan oleh trauma baik dari operasi atau cedera mata.

Apa saja gejala dari mengerut makula?

Gejala yang paling umum dari mengerut makula adalah kehilangan penglihatan. Visi kerugian dari mengerut makula dapat bervariasi dari tidak ada kerugian untuk kehilangan berat. Kehilangan penglihatan berat jarang terjadi. Pandangan kabur, agak terdistorsi, dan garis lurus yang muncul bergelombang juga gejala umum. Individu juga mungkin mengalami kesulitan dalam melihat detail halus dan membaca cetak kecil. Mungkin ada daerah abu-abu di pusat penglihatan Anda, atau mungkin bahkan blind spot.

Adalah Macular Pucker sama seperti Age-Related Macular Degeneration?

Tidak,   Macular Pucker dan degenerasi makula terkait adalah dua kondisi yang terpisah dan berbeda.

Dapatkah Macular Pucker mendapatkan buruk?

Bagi kebanyakan orang, visi tetap stabil dan tidak akan memburuk secara progresif. Biasanya mengerut makula mempengaruhi satu mata, meskipun dapat mempengaruhi mata lainnya nanti.

Adalah Macular Pucker Mirip dengan Lubang Macular?

Pucker Macular  dan lubang makula merupakan kondisi yang berbeda, meskipun keduanya hasil dari alasan yang sama: The menarik pada retina dari vitreous menyusut. Ketika “menarik” menyebabkan kerusakan mikroskopis, retina dapat sembuh sendiri, jaringan parut, atau mengerut makula, dapat hasilnya. Jika vitreous menyusut menarik terlalu keras, hal itu dapat merobek retina, menciptakan lubang makula, yang lebih serius.

Sebuah mengerut makula tidak akan “berkembang” menjadi lubang makula.

Bagaimana   Macular Pucker  diobati?

Sebuah mengerut makula biasanya membutuhkan pengobatan. Dalam banyak kasus, gejala distorsi visi dan blurriness ringan, dan pengobatan tidak diperlukan. Orang biasanya menyesuaikan dengan distorsi visual yang ringan, karena tidak mempengaruhi aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti membaca dan mengemudi. Tetes mata, obat-obatan, atau suplemen nutrisi akan meningkatkan visi terdistorsi dari  Pucker Macular .

Jarang, pengelihatan memburuk ke titik di mana hal itu mempengaruhi kegiatan rutin sehari-hari. Namun, ketika hal ini terjadi, operasi mungkin direkomendasikan.

Demikian informasi singkat tentang Pucker Macular

Post Update :
Date : Saturday, February 23, 2019 - Sabtu, 23 Februari 2019