Gangguan Perut Kembung Saat Mentruasi

Gangguan Perut Kembung Saat Mentruasi

Gangguan Perut Kembung Saat Mentruasi. Perut Anda terasa kembung dan membengkak saat menstruasi? Menurut dr. Rusmaniah, SpOG, MKes, Spesialis Obstetri dan Ginekologi Universitas Hasanuddin, Makassar, keluhan-keluhan seperti perut kembung memang biasa terjadi, umumnya dimulai satu minggu atau beberapa hari sebelum haid. Kemudian menghilang sesudah tamu bulanan itu datang.

“Ada juga yang keluhannya masih terus berlangsung sampai haid berhenti,” paparnya.

Secara medik, menurut dr. Rusmaniah penyebabnya bisa jadi akibat ketidakseimbangan hormon. Hal ini mengakibatkan retensi cairan dan natrium.

Sebagai catatan, ketidakseimbangan hormon ketika datang bulan menyebabkan terjadinya perubahan pada fisik maupun psikis. Selain menyebabkan perut mual, ia juga membuat payudara mengalami pembengkakan, dan emosi menjadi tak stabil.

Karena itu, Rusmaniah menegaskan, keluhan seperti perut kembung maupun mual itu sebenarnya merupakan kondisi normal. Bukan sesuatu yang berlebihan, karena memang sudah menjadi siklus rutin. Untuk itu, jika mengalami mual, tak perlu dikhawatirkan.

Tetapi jika keluhan perut kembung disertai dengan keluhan lain yang mencurigakan alias tidak biasa dialami saat datang menstruasi, ceritanya bisa berbeda. Jika mengalami masalah seperti ini, cara paling aman sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

Lebih lanjut dr. Rusmaniah mengungkapkan, untuk mengatasi retensi cairan dan natrium, kita harus membatasi konsumsi garam. Selain itu, “juga harus meningkatkan konsumsi kalsium dan magnesium.”

Jumlah natrium dalam tubuh akan menentukan tingkat cairan. Dengan konsumsi garam terlalu banyak, ginjal bakal kesulitan membuang kelebihan garam, sehingga terjadi penahanan cairan yang bisa menimbulkan rasa mual yang bermula dari ketidakseimbangan hormon tadi.

Ketika menstruasi datang, sangat sering terjadi perubahan emosi pada diri wanita, seperti mudah tersinggung atau sensitif. Seperti halnya mual, ini juga disebabkan perubahan kerja hormon, walaupun tidak semua orang mengalami hal ini. Rusmaniah berpesan agar masalah-masalah yang berkaitan dengan kejiwaan juga perlu mendapat perhatian. Dengan mengatasi masalah-masalah kejiwaan itu, keluhan dapat dikurangi. Gangguan Perut Kembung Saat Mentruasi

Post Update :
Date : Sunday, February 17, 2019 - Minggu, 17 Februari 2019