Waspadai Gejala Awal Penyakit Kanker

Waspadai Gejala Awal Penyakit Kanker

Waspadai Gejala Awal Penyakit Kanker. SEMUA mungkin tahu bahwa kunci untuk sembuh dari penyakit kanker adalah mendeteksi sejak dini ketika penyakit itu masih bisa diobati. Tetapi tanda-tanda kanker sering tidak tidak terasa, samara atau kondisi lain yang kurang serius.

Mantan juru bicara American Cancer Society seorang onkologi, Herman Kattlove, MD mengatakan langkah yang paling penting dalam diagnosis kanker adalah skrining atau deteksi dini yang tepat.

Hal ini berarti pap smears dan mammograms dengan interval direkomendasikan untuk wanita, sedangkan skrining prostate rutin untuk pria. Kemudian juga direkomendasikan colonoscopy awal untuk semua orang berusia 50 tahun, dan CT scan dada untuk para perokok.

“Tetapi ada gejala tertentu yang mungkin orang melihat hal tersebut bisa menjadi kanker dan tidak boleh diabaikan”kata Dr Kattlove, dikutip Newsmaxhealth.

Ia menambahkan, mengetahui 5 tanda-tanda kanker sangat penting untuk tetap bebas kanker seumur hidup. Pertama adalah penurunan berat badan tanpa diketahui sebabnya.

Kebanyakan orang dengan kanker akan kehilangan berat badan di beberapa titik. Jika tidak ada penyebab yang diketahui dari penurunan berat badan sampai 10 kilogram atau lebih mungkin hal itu merupakan tanda pertama dari kanker. Hal ini paling sering terjadi pada kanker pancreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru.

Kemudian, tanda-tanda berikutnya adalah sakit kepala. Periksa ke dokter jika Anda memiliki skit kepala yang tidak kunjung hilang atau mengalami nyeri punggung menahun yang tidak hilang meskipun sudah istirahat.

Selanjutnya adalah perubahan kulit. Selain kanker kulit, kanker lainnya juga dapat menyebabkan kulit tampak lebih gelap, dan mata kekuningan (seperti penyakit kuning), kulit memerah, dan gatal-gatal atau pertumbuhan rambut yang berlebihan.

Berikutnya ialah luka yang tidak kunjung sembuh. Kanker kulit bisa menyebabkan kulit berdarah dan terlihat seperti luka yang tidak kunjung sembuh. Sebuah sakit yang tidak kunjung sembuh di bagian mulut dapat menunjukkan kanker mulut dan harus diperiksa.

Lalu, tanda-tanda yang terakhir adalah perdarahan yang tidak biasa. Batuk darah mungkin merupakan tanda dari kanker paru-paru. Sedangkan, darah berwarna gelap dalam kotoran mungkin menandakan kanker usus besar atau rektum.

Selain itu, kanker serviks atau lapisan rahim dapat menyebabkan perdarahan vagina abnormal, dan darah dalam urin dapat menjadi tanda kanker kandung kemih atau ginjal. Kemudian, keluarnya darah dari puting susu bisa menandakan sebagai kanker payudara.

“Saran terbaik jika Anda melihat atau merasakan adanya perubahan besar dalam cara tubuh bekerja adalah biarkan dokter memeriksanya,”imbuh Dr Kattlove. Waspadai Gejala Awal Penyakit Kanker

Post Update :
Date : Friday, February 22, 2019 - Jumat, 22 Februari 2019