Kecerdasan Multipel Pada Anak

 
Kecerdasan Multipel Pada Anak. Kecerdasan anak tak hanya diukur melalui ukuran IQ (Intelligence Quotient). Setiap anak memiliki kecerdasan yang majemuk, yakni kecerdasan intelektual (IQ) maupun kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ). Menurut Howard Gardner salah seorang profesor pendidik dan peneliti dari Harvard University Amerika Serikat, ada 9 aspek kecerdasan seorang anak. Istilah yang sering kita dengar adalah multiple intelligences.
 
KECERDASAN multipel merupakan jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada anak. Orangtua memiliki tugas untuk merangsang kecerdasan multipel anak dengan berbagai cara.
Terdapat delapan kategori kecerdasan pada anak. Kedelapan kategori tersebut disebut kecerdasan multipel. Masing-masing anak memiliki kemampuan memiliki kedelapan kategori kecerdasan tersebut dengan bantuan asahan dari orangtua.
 
“Bila anak mempunyai potensi bawaan berbagai kecerdasan dan dirangsang terus-menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan dan jenis yang bervariasi, maka anak kita akan mempunyai kecerdasan yang multipel,” tutur Dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, dalam seminar berjudul Nutrisi dan Stimulasi untuk Kecerdasan Anak di JIExpo, Jakarta.

Berikut paparan Soedjatmiko, mengenai rangsangan yang dapat diberikan orangtua guna mengasah kecerdasan multipel anak:
Kecerdasan berbahasa verbal (verbal-linguistic)
Kecerdasan verbal-linguistic merupakan kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat-kalimat, presentasi, pidato, diskusi, dan tulisan. Untuk merangsang kecerdasan berbahasa verbal, ajaklah anak bercakap-cakap, bacakan cerita berulang-ulang, rangsang untuk berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak-anak, dan lain-lain.
 
Kecerdasan logika-matematik (logical-mathematical)
Kecerdasan logical-mathematical merupakan kemampuan menggunakan logika-matematik dalam memecahkan berbagai masalah. Latih kecerdasan logika-matematik dengan mengelompokkan, menyusun, merangkai, menghitung mainan, bermain angka, halma congklak, sempoa, catur, kartu, teka-teki, puzzle, monopoli, permainan komputer, dan lain-lain.
 
Kecerdasan visual spatial
Kecerdasan visual spatial merupakan kemampuan berpikir tiga dimensi. Kembangkan kecerdasan visual spatial dengan mengamati gambar, foto, merangkai dan membongkar lego, menggunting, melipat, menggambar, halma, puzzle, rumah-rumahan, permainan komputer, dan lain-lain.
 
Kecerdasan gerak tubuh (bodily-kinesthetic)
Kecerdasan bodily-kinesthetic merupakan keterampilan gerak, menari, olahraga. Melatih kecerdasan gerak tubuh dengan berdiri satu kaki, jongkok, membungkuk, berjalan di atas satu garis, berlari, melompat, melempar, menangkap, latihan senam, menari, olahraga permainan dan lain-lain. Kecerdasan Multipel Pada Anak
Post Update :
Date : Friday, February 22, 2019 - Jumat, 22 Februari 2019