Penyakit Diabetes & Gangguan Pengelihatan

Penyakit Diabetes & Gangguan Pengelihatan

Penyakit Diabetes & Gangguan Pengelihatan. Diabetes dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh Anda, termasuk mata Anda. Mereka yang memiliki baik diabetes tipe 1 atau tipe 2 berada pada risiko masalah penglihatan yang lebih besar daripada daripada seseorang tanpa diabetes. Namun hal ini tidaklah berarti bahwa masalah penglihatan yang serius tersebut tidak dapat dihindari. Deteksi dini dapat mengobati diabetes yang paling terkait dengan masalah penglihatan sebelum diabet mencuri penglihatan Anda.

Apakah yang dimaksud retina?

Retina terletak di bagian belakang mata bagian dalam. Retina sensitif terhadap cahaya dan berfungsi seperti film padai kamera: Seperti sebuah gambar masuk ke dalam mata, gamabr-gambar tersebut terfokus pada retina. Retina kemudian mengambil gambar tersebut, mengkonversi mereka menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke otak melalui saraf optik.

Apakah yang dimaksud diabetik retinopati?

Diabetic retinopathy adalah sebuah istilah umum yang menggambarkan gangguan retina yang disebabkan oleh diabetes. Ada dua jenis diabetes retinopati.

  • Nonproliferative retinopati
  • proliferatif retinopati

Nonproliferative Retinopati

retinopati nonproliferative merupakan Tipe yang paling umum . Pada nonproliferative retinopati, kapiler kecil (pembuluh darah) di retina membengkak dan mulai untuk membatasi pergerakan dari darah dan cairan. Nonproliferative Retinopati seringkali tidak memiliki gejala yang nyata. Bahkan ketika hal itu terdeteksi dini dengan pemeriksaan mata, pengobatan biasanya tidak diperlukan. Namun pemeriksaan mata tahunan sangat penting untuk memantau perkembangan kemungkinan gangguan setelah telah diidentifikasi.

proliferatif Retinopati

Pada beberapa orang, retinopati nonproliferative berlangsung dan menciptakan komplikasi yang lebih signifikan pada penglihatan. stadium lanjut ini disebut proliferatif retinopati dan ditandai oleh kapiler di retina yang benar-benar menyumbat darah dan aliran cairan. berhentinya pembuluh darah yang ada menyebabkan pembuluh darah baru mulai tumbuh di retina. Sementara hal ini terdengar seperti jalan alternatif yang menjanjikan untuk pembuluh kapiler yang tersumbat, tapi justru pembuluh darah baru tersebut biasanya lemah dan sering bocor darah dan cairannya, yang dapat mengaburkan atau menghalangi penglihatan Anda. Ketika hal ini terjadi, hal ini dapat menyebabkan dua masalah yang signifikan: edema makula dan ablasio retina.

Gejala Retinopati

Hal di bawah ini biasanya terjadi ketika retinopati telah berkembang ke tahap proliferatif dan gejala yang mungkin menjadi jelas. Gejala tersebut meliputi:

  • Penglihatan yang kabur atau kehilangan penglihatan secara perlahan dari waktu ke waktu
  • Bayangan atau terdapat bidang yang hilang pada penglihatan
  • Kesulitan melihat pada malam hari
  • floaters

Faktor Risiko pada Retinopati

Faktor-faktor ini meningkatkan risiko Anda untuk terkena retinopati.

  • Glukosa darah tingkat yang tinggi secara konsisten
  • Tekanan darah tinggi
  • merokok

Kebanyakan orang dengan diabetes pada akhirnya akan mendapatkan beberapa bentuk retinopathy, risiko ini meningkat seiring dengan jumlah waktu Anda menderita diabetes. Namun retinopati proliferatif yang lebih serius ini jarang sekali terjadi.

Pengobatan untuk Retinopati

Kabar baiknya, bahwa terdapat pengobatan yang efektif untuk retinopati. lebih awal retinopati terdeteksi, maka akan semakin baik potensi outcome yang didapatkan.

Prosedur yang paling umum adalah dengan salah satu pada dua jenis perawatan laser yang menciptakan luka bakar kecil di retina di mana terdapat pembuluh darah yang abnormal. Proses ini disebut photocoagulation dan digunakan untuk menghentikan kebocoran pembuluh darah di retina. Photocoagulation dapat tersebar di seluruh permukaan retina atau difokuskan secara khusus pada makula, tergantung pada masalah yang perlu ditangani.

Jika retina terlepas, photocoagulation tidak lagi efektif dan prosedur yang disebut vitrectomy digunakan untuk menghilangkan jaringan parut dan cairan dari dalam mata.

Pengobatan dapat mengurangi hilangnya daya pandang tetapi tidak dapat membalikkan kerusakan yang sudah terjadi. Itulah sebabnya pencegahan merupakan pertahanan terbaik terhadap retinopati.

Pencegahan Retinopati

Cara terbaik untuk melindungi penglihatan Anda adalah untuk melakukan sebuah pemeriksaan mata tahunan dengan dokter mata melatih untuk mengobati diabetik retinopati. Pemeriksaan ini akan melebarkan pupil menggunakan tetes mata dan berhati-hatilah pada retina Anda atas segala tanda-tanda penyakit yang mungkin muncul.

Langkah terbaik Anda Selanjutnya adalah untuk mempertahankan kontrol yang baik atas kadar glukosa darah Anda, tekanan darah dan kolesterol. Jika Anda perokok, maka berhentilah sekarang juga. Hubungi dokter mata Anda jika Anda mengalami masalah penglihatan apapun selama pemeriksaan tahunan. Lebih baik memperbaiki gangguan pada mata sejak dini karena kalau dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan permanen. Penyakit Diabetes & Gangguan Pengelihatan

Post Update :
Date : Monday, February 18, 2019 - Senin, 18 Februari 2019