Tanaman Herbal Obat Tapak Darah

Tanaman Herbal Obat Tapak Darah. Tapak Dara ini merupakan tanaman hias, saya biasa menyebutnya pecah piring. Tanaman ini mudah sekali tumbuh, tumbuhan baru berasal dari biji. Dalam bahasa latin TAPAK DARA disebut Chtarantus roseus (L.) G. Don)
 
 
Nama Lokal :

Tapak dara (Indonesia); kembang sari Cina (Jawa); kembang tembaga beureum (Sunda).

Uraian :

Tapak dara banyak dipelihara sebagai tanaman hias. Tapak dara sering dibedakan menurut jenis bunganya, yaitu putih dan merah. Tumbuhan semak tegak yang dapat mencapai ketinggian batang sampai 100 cm ini, sebenarnya merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh subur di padang atau dipedesaan beriklim tropis. Tapak dara memiliki batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang serta berambut. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal. Bungannya yang indah menyerupai terompet dengan permukaan berbulu halus. Tapak dara juga memiliki rumah biji yang berbentuk silindris menggantung pada batang. Penyebaran tumbuhan ini melalui biji.

Khasiat untuk kesehatan :

Diabetes, hipertensi, leukemia, asma, bronkhitis, demam, radang perut, disentri, kurang darah, gondong, bisul, borok, luka bakar, luka paru, bengkak.

Komposisi :

Dari akar, batang, daun hingga bunga tapak dara mengandung vinkristin, vinrosidin, vinblastin dan vinlouresin merupakan kandungan komposisi zal alkaloid dari tapak dara.
 
Ternyata tanaman ini juga berfungsi sebagai tanaman herbal obat yang bagus untuk penderita diabetes, hipertensi, leukemia dll. Itulah Tanaman Herbal Obat Tapak Darah
Post Update :
Date : Sunday, February 17, 2019 - Minggu, 17 Februari 2019