Tanaman Brotowali & Khasiatnya

Tanaman Brotowali & Khasiatnya. Siapa yang tidak tahu rasanya tanaman Brotowali ini, rasanya dikenal sangat pahit. Dalam ramuan jamu jawa, brotowali dikenal sebagai herbal obat.

Brotowali telah sering disebut-sebut sebagai tanaman obat. Tanaman ini terkenal akan rasanya yang pahit. Tanaman dengan nama ilmiah Tinospora crispa (L.) ini merupakan tanaman merambat.
 

Apa saja ciri dan khasiatnya ?

Brotowali memiliki batang yang kecil dan dapat tumbuh hingga hampir 3 meter. Daunnya tunggal dan berbentuk seperti jantung dengan panjang hingga 12 cm dan lebar yang dapat mencapai 10 cm. Seluruh bagian dari tanaman ini memiliki rasa yang pahit.

Bagian Mana yang Bermanfaat dari Brotowali ?

Brotowali sering dimanfaatkan daun dan batangnya untuk dijadikan ramuan tradisional berkhasiat.

Apa Saja Manfaat dan Khasiat Brotowali ?

Daun brotowali dapat digunakan sebagai obat pencahar, menurunkan gula darah, mengurangi rematik, serta dapat merangsang nafsu makan. Batang dari tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan panas, menambah nafsu makan, serta mengurangi rasa sakit.
 
Brotowali ini seringkali dipakai untuk ramuan bila anak-anak tidak mau makan, dengan rasa yang pahit pekat, tidak jarang para orang tua memaksa untuk meminumkan pada anak-anak. Namun sekarang sudah jarang dilakukan lagi, karena penambah nafsu makan dengan rasa yang enak sudah banyak dijual di toko-toko. Tanaman Brotowali & Khasiatnya
Post Update :
Date : Friday, February 22, 2019 - Jumat, 22 Februari 2019