Penyakit Pengerasan Pembuluh Darah Arteriosclerosis

Penyakit Pengerasan Pembuluh Darah Arteriosclerosis. Arteriosclerosis merupakan salah satu jenis penyakit jantung dan pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari hati ke seluruh tubuh. Arteri yang sehat bersifat fleksibel, kuat dan elastis. Seiring waktu, terlalu banyak tekanan dalam arteri dapat membuat dinding menjadi tebal dan kaku, terkadang membatasi aliran darah ke organ dan jaringan. Proses ini disebut arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Aterosklerosis adalah jenis khusus dari arteriosclerosis, tetapi kadang-kadang diartikan sama. Atherosclerosis mengacu pada penumpukan lemak (plak) di dalam dan di dinding arteri yang dapat membatasi/menghambat aliran darah. Plak ini suatu saat bisa pecah dan menyebabkan bekuan darah. Meskipun aterosklerosis seringkali dianggap sebagai masalah jantung, hal itu dapat juga mempengaruhi arteri di mana saja dalam sistem tubuh. Aterosklerosis adalah kondisi yang dapat dicegah dan diobati. 

Penyebab Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah penyakit yang lambat progresif yang dapat dimulai pada awal masa anak-anak. Meskipun penyebab pasti tidak diketahui, aterosklerosis mungkin mulai dengan kerusakan atau cedera pada lapisan bagian dalam arteri. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh:

  • Tekanan darah tinggi.
  • Kolesterol tinggi, biasanya terjadi karena terlalu sering makan makanan tinggi kolesterol dan lemak.
  • Merokok dan sumber-sumber nikotin lain.
  • Diabetes.

Setelah dinding dalam arteri rusak, sel-sel darah yang disebut platelet mencoba memperbaiki arteri, yang menyebabkan peradangan. Seiring waktu, simpanan lemak (plak) yang terbuat dari kolesterol dan produk-produk limbah juga membangun plak pada tempat yang rusak dan mengeras menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Organ dan jaringan yang terhubung ke arteri terhambat sehingga tidak menerima darah yang cukup untuk berfungsi dengan baik.
Akhirnya potongan lemak pecah dan memasuki aliran darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan bekuan darah yang dapat merusak organ, misalnya serangan jantung. Bekuan darah juga dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh dan sebagian atau seluruhnya menyumbat aliran darah ke organ lain.
 
Penyakit Arterisclerosis tidak bisa dianggap penyakit yang enteng, karena mengangkap sepele penyakit ini bisa berakibat fatal pada kesehatan. Itulah Penyakit Pengerasan Pembuluh Darah Arteriosclerosis
 
 
Post Update :
Date : Monday, February 18, 2019 - Senin, 18 Februari 2019