Ayub+Air+mata Khasiat Tanaman Ayub Air mata (Coix Lacryma jobi)
 

Khasiat Tanaman Ayub Air mata (Coix Lacryma-jobi)

Khasiat Tanaman Ayub Air mata (Coix Lacryma-jobi). Jali (Coix lacryma-jobi L.), merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.
 
Ada dua varietas yang ditanam orang. Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan dipakai sebagai manik-manik. Coix lacryma-jobi var. ma-yuen dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.
 
Walaupun sekarang jali nyaris tidak lagi dikonsumsi, tumbuhan ini masih dikenal orang, seperti dalam lagu gambang kromong “Jali-jali”. Di perdagangan internasional ia dikenal sebagai Chinese pearl wheat (gandum mutiara Cina), walaupun ia lebih dekat kekerabatannya dengan jagung daripada gandum.
 
Jali (Coix lacryma-jobi L.) merupakan tanaman serealia asli Asia Timur dan Asia Selatan yang telah menyebar ke seluruh kawasan tropika lainnya. Tanaman ini sudah dibudidayakan sebagai tanaman serealia penting sejak 3000-4000 tahun yang lalu di India dan sejak 2000 tahun yang lalu di Cina. Kini, peran tanaman ini sebagai tanaman serealia utama telah digantikan oleh jenis-jenis tanaman lain.
 
Dikenal empat varietas jali. C. lacryma-jobi var. lacryma-jobi, biji semu keras, berbentuk ovoid, pipih pada satu sisi, merupakan tipe liar yang paling umum terdapat di mana-mana, termasuk di Timor. Biji semunya biasa dikumpulkan untuk diuntai menjadi kalung. C. lacryma-jobi var. monilifer Watt, biji palsu keras, berbentuk globose, pipih pada satu sisi, tumbuh di Birma dan India bagian Timur. C. lacryma-jobi var. stenoarpa (Stapf) Bulansa, biji semu keras, berbentuk cylindrical. C. lacryma jobi var. ma-yuen (Rumanet) Stapf, biji lunak, dibudidayakan secara pantropika. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut job’s tears, berasal dari bahasa Arab ‘dumu Ayub’ yang berarti air mata Ayub.
 
 
Bagian Yang Digunakan:
Biji (Coicis Semen / yi yi ren / job’s tears / adlay)
 
 
Ciri-Ciri:
Rumput menahun, berumpun banyak, batang tegak dan besar, tinggi 1-3 m. Jali tumbuh liar atau telah dibudidayakan. Tumbuh pada tanah lembab dan terkena cahaya matahari hingga ketinggian 1.000 m dpl. Daun letak berseling, bentuk pita atau lanset, panjang 8-100 cm, lebar 1,5-5 cm, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, permukaan kasar, ibu tulang daun menonjol di punggung daun. Bunga ke luar dari ketiak daun, berbentuk bulir. Buahnya buah batu, bulat lonjong, bila tua berwarna ungu keputih-putihan, kulitnya keras.
 
 
Penyakit Yang Bisa Disembuhkan:
Absesparu, Sakit usus buntu, Radang usus (enteritis) kronis, Infeksi dan batu saluran kencing, Kencing sedikit, Kencing bernanah, Bengkak (edema), Biri-biri, tidak datang haid, Keputihan (leuchorhea), Sakit kuning (jaundice), Cacingan (ascariasis), Rheumatism seperti sakit otot (mialgia), Keputihan (Leucorrhea), Tumor saluran pencernakan seperti kanker lambung, Kanker paru, Kanker mulut rahim (cervix), Kutil (warts), Eksema, Radang paru, Demam, Batuk sesak, dll.
 
Manfaat dan khasiat Tanaman Jali ini sangat banyak, dan sudah dikenal untuk digunakan sebagai herbal obat china. Khasiat Tanaman Ayub Air mata (Coix Lacryma-jobi)

Incoming search terms:

  • khasiat biji jali
  • khasiyat coix lacrima jobi semen
  • khasiat coix lacryma jobi semen
  • jagung jali
  • Tanaman jali
  • manfaat jagung jali
  • tanaman herbal obat mata
  • tanaman kanker mata
  • pemerian coix lacryma
  • coix lacrima jobi sermen
Post Update :
Date : Sunday, October 26, 2014 - Minggu, 26 Oktober 2014